Header Ads

Waspada ! Inilah Tanda Ponsel Kena Hack

Waspada ! Inilah Tanda Ponsel Kena Hack

Malware di perangkat mobile bukan hal sepele karena bisa jadi cara para 'kriminal' masuk dan melucuti ponsel kalian. Kalau kalian curiga ponsel kena hack, bisa jadi yang dikhawatirkan benar, apalagi jika ada tanda-tanda berikut.

1. Baterai gampang berkurang

Ada banyak kemungkinan ketika baterai ponsel cepat berkurang. Entah karena ponsel yang memang sedang bermasalah atau bisa jadi smartphone kamu tengah disadap.

Bila kamu merasa ponselmu baik-baik saja tapi mengalami masalah tersebut, ada pula kemungkinan adanya malware atau aplikasi mata-mata yang bisa melakukan pemindaian pada ponsel dan mengirimkan data yang ada di sana ke server yang diinginkan.

2. Aplikasi sering crash

Tiba-tiba layar nge-lag, atau aplikasi mendadak mengalami crash. Hal ini bisa disebabkan malware yang membebani sumber daya ponsel atau berbenturan dengan aplikasi lain.

Kamu mungkin juga mengalami aplikasi yang terus berjalan meski sudah menutupnya. Tanda lainnya adalah ponsel melakukan restart berulang kali.

Baca juga: Teknologi Masa Kini Merubah Cara Hidup Kita

3. Konsumsi data tinggi

Tanda lain dari ponsel yang disadap atau di-hack adalah tagihan data yang luar biasa tinggi pada akhir bulan. Ini bisa berasal dari malware atau aplikasi mata-mata yang berjalan dan mengirimkan informasi kembali ke servernya.

4. Ada telepon atau pesan mencurigakan

Ketika kamu merasa ada pesan atau telepon yang tidak kamu ketahui, maka kamu sudah harus waspada. Bisa saja ini adalah malware yang berusaha dilakukan pada ponsel untuk mengontak nomor tersebut. Cek biaya panggilan, atau biaya apapun yang ada dalam ponsel. Jangan lupa cek juga untuk e-wallet yang ada apakah terjadi pengurangan atau tidak.

5. Pop-up misterius

Memang tidak semua pop-up menandakan ponsel kalian di-hack. Tapi pop-up yang muncul terus menerus ternyata merupakan salah satu indikasi ponsel terinfeksi adware, salah satu bentuk malware yang memaksa perangkat untuk mumbuka laman tertentu yang mengarah pada revenue melalui klik untuk iklan.

Baca juga: Ponsel Kalian Cepat Panas ? Lakukan Hal ini

6. Akivitas tak biasa pada akun

Jika hacker berhasil masuk ke smartphone, mereka juga akan bisa mengakses akun yang terintegrasi di dalamnya. Mulai media sosial sampai email atau aplikasi lainnya.

Ini dapat terungkap dalam aktivitas di akun, seperti tiba-tiba terjadi pengaturan ulang kata sandi, mengirim email, menandai email yang belum dibaca yang kalian tidak pernah dibaca, atau mendaftar untuk akun baru yang e-mail verifikasinya masuk ke kotak masuk.

Nah, apakah ponsel kalian mengalami tanda-tanda seperti itu?

1 komentar:

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.