Header Ads

Teknologi Masa Kini Merubah Cara Hidup Kita

Teknologi Masa Kini Merubah Cara Hidup Kita

Selama beberapa tahun ini, teknologi telah mengubah dunia kita. Teknologi telah menciptakan berbagai perangkat yang luar biasa. Teknologi modern memperkenalkan kita terhadap beberapa perangkat fungsional seperti smartwatch dan smartphone. Dengan revolusi ini, teknologi membuat hidup kita menjadi lebih mudah, lebih cepat, lebih baik, dan lebih menyenangkan.

Tidak bisa dipungkiri, teknologi kini menjadi salah satu unsur penting dalam kehidupan saat ini dan juga peranannya dalam kehidupan kita menjadi semakin kompleks. Teknologi telah memberikan dampak terhadap semua sektor dalam masyarakat khususnya dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas.

Teknologi saat ini meningkatkan tingkat efisiensi. Secara singkat, efisiensi bisa dikatakan sebagai suatu ukuran keberhasilan sebuah kegiatan yang dinilai berdasarkan sumber daya yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dengan peningkatan teknologi yang semakin bergejolak setiap harinya, kita telah melakukan berbagai pekerjaan dengan usaha yang jauh lebih sedikit.

Tentang bagaimana kita berkomunikasi, teknologi modern ini memiliki pengaruh yang cukup besar. Teknologi digital pun telah mengubah persepsi yang sering kita sebut sebagai ‘media’. Perusahaan media kini tidak lagi menjadi platform berita. Perusahaan media kini dikenal sebagai perusahaan yang membantu menyebarkan informasi ke seluruh dunia.

Hampir di seluruh dunia, jutaan smartphone dijual setiap harinya. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika setiap harinya ada berbagai informasi yang disebarkan di media sosial lalu kemudian menjadi viral. Namun, media sosial bukanlah satu-satunya dampak dari revolusi industri 4.0 ini, juga bukan satu-satunya teknologi yang dapat mempengaruhi kehidupan seseorang.

Namun jika kita bayangkan, teknologi masa depan akan lebih menarik dibandingkan dengan teknologi yang ada pada masa kini. Dalam beberapa tahun ke depan, mungkin kita akan menemukan mobil tanpa pengemudi, mobil yang bisa terbang, robot kencan, dan robot-robot yang bekerja di perusahaan. Bagaimanapun juga, mari kita fokuskan bagaimana teknologi benar-benar merubah cara hidup kita. Berikut adalah ulasannya.

1.      Teknologi Mengubah Cara Kita Berkomunikasi

Jika melihat waktu ke belakang, kita harus menulis surat untuk bisa berkomunikasi dengan teman atau orang tua kita. Bayangkan saja, menulis surat bisa memakan waktu berhari-hari dalam proses pengirimannya, belum lagi kita harus melacak apakah surat itu sudah dikirim ke alamat yang benar atau tidak. Kesalahanpun tidak jarang terjadi, sehingga kita begitu kerepotan dengan proses berkomunikasi seperti ini.

Namun, zaman sekarang kita tidak akan menemukan orang yang menulis surat untuk berkomunikasi. Teknologi telah mengubah cara dulu kita. Kini semua orang memiliki smartphone. Kita bisa menelpon, melakukan video call, atau mengirim pesan via media sosial seperti WhatsApp, LINE, Telegram, Blackberry Messenger, dan lain-lain.

Snapchat, Facebook, Twitter, Tumblr, dan Instagram juga merupakan bagian dari perubahan teknologi ini. Setiap harinya kita menggunakan media sosial tersebut selain untuk berkomunikasi, juga untuk mengetahui aktivitas seseorang. Media sosial secara tidak langsung menjadikan aktivitas kita sebagai konsumsi publik.

Bukan hanya media sosial, kini juga terdapat website yang semakin memudahkan kita dalam mengakses berbagai informasi maupun berbelanja. Bahkan kita juga bisa mengandalkan website ini untuk meraup pundi-pundi dengan menjual produk-produk kita. Niagahoster sebagai salah satu penyedia layanan web hosting terbaik pun siap mendampingi kita untuk menghadapi tantangan di era revolusi 4.0 ini.

Bukan lagi rahasia umum, kini para lansia pun tidak kalah dengan kaum milenial. Empat dari sepuluh lansia bisa dikatakan memiliki smartphone, dua kali lebih banyak dibandingkan di tahun sebelumnya. Mereka bisa melakukan video call, chatting, bahkan berjelajah di media sosial.

2.      Teknologi Mengubah Transaksi Pembayaran

Zaman sekarang, kita tidak perlu repot pergi ke bank untuk mengambil uang atau mentransfer uang. Setiap bank kini menyediakan fasilitas berbasis online untuk melakukan aktivitas perbankan yang tentunya menawarkan berbagai kenyamanan dan kemudahan.

Fasilitas tersebut tentunya dapat diakses oleh masyarakat pada umumnya. Bahkan perusahaan PayPal telah menciptakan platform yang mana orang dengan mudah dapat menerima dan mengirim uang dari berbagai belahan dunia dengan menggunakan fasilitas internet.

Pembayaran pun kini menjadi lebih mudah berkat teknologi. Kita tidak perlu membawa uang tunai untuk berbelanja. Cukup dengan smartphone saja atau kartu debit, kita bisa membayar tagihan pembayaran dengan aman dan nyaman.

3.      Teknologi Merubah Kebiasaan Menonton TV

Teknologi kini merubah cara kita dalam menonton tv. Sekarang ini kita dapat menikmati acara tv seperti menonton film dvd. Bagaimana tidak, siaran tv zaman sekarang dapat dijeda ketika siaran langsung, bahkan memundurkan waktunya jika kita melewatkan acara yang sudah dinanti-nanti, dan mengendalikannya sesuai dengan kehendak kita. Menarik, bukan?

Biasanya, kita menonton tv bersama dengan keluarga tercinta. Namun sekarang ini siaran televisi bisa dinikmati secara langsung lewat smartphone. Bahkan YouTube bisa dibilang menjadi alternatif televisi karena isi dan kontennya yang lebih bervariasi dan menarik. Selain itu, salah satu kelebihan YouTube adalah kita bisa menonton tayangan itu secara berulang-ulang.

Teknologi benar-benar merubah segalanya. Jangan heran jika televisi masa kini dilengkapi dengan WiFi.

4.      Teknologi Memudahkan Kita Mencari ‘Jodoh’

Persoalan mencari jodoh biasanya datang dari seseorang yang masih jomblo atau single. Tak jarang mereka meminta teman-temannya untuk dicomblangkan dengan seorang kenalan yang bisa dipercaya. Setelah itu, mereka akan bertemu, berkenalan, dan jika cocok dilanjutkan ke hubungan yang lebih serius, atau yang lebih sakral yaitu ke jenjang pernikahan.

Namun zaman sekarang, kita hanya tinggal menatap layar handphone sambil menyeruput teh hangat untuk mencari jodoh. Dewasa ini, bertebaran situs-situs kencan online yang sebagian besar belum bisa dipastikan keamanannya.

Dengan adanya situs ini, kita bebas memilih satu atau bahkan beberapa dari jutaan orang dengan siapa kita ingin berkenalan. Jika dirasa cocok, kita tinggal menghubunginya via direct message. Setelah itu, dilanjut dengan pertemuan pertama.

Namun situs kencan online ini masih diragukan keamanannya, karena kita tidak tahu betul seluk beluk profil si dia yang kita incar. Siapa tau orang yang kita incar adalah seorang pembunuh atau bahkan pencuri yang dengan sengaja memalsukan identitasnya. Jika seperti itu, situs kencan online kemungkinan akan berakhir menjadi situs penipuan online.

5.      Teknologi Merubah Cara Kita Belanja

Dulu ketika kita ingin membeli sesuatu, kita harus pergi keluar rumah. Demi mendapatkan barang yang diidam-idamkan, kita rela pergi subuh dan tak jarang setelah itu harus bermacet-macetan, berdesak-desakan, bahkan rela panas-panasan. Namun zaman sudah berubah. Cukup berbaring di kasur sambil memegang smartphone, kita sudah bisa memiliki barang yang kita inginkan.

Katakanlah kita ingin membeli buku. Cukup pergi ke satu marketplace, lalu pilih buku yang diinginkan. Transaksi dilakukan secara online, sehingga kita hanya tinggal duduk manis menunggu pak pos lewat mengantar pesanan kita.

Ada banyak cara bagaimana teknologi mengubah cara kita hidup. Ulasan di atas belum mengulas dampak keseluruhan teknologi terhadap kehidupan kita. Revolusi yang akan muncul dalam beberapa tahun mendatang akan jauh lebih besar dan luar biasa daripada apa yang sedang kita alami saat ini. Maka dari itu, ada baiknya kita merangkul teknologi sebagai sarana untuk meningkatkan taraf kehidupan kita.

Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.