Header Ads

Mozilla Blokir Flash di Firefox

Ketika tadi malam sebelum posting saya berbicara dengan teman saya sesama Blogger Banua Imam "Simpel" . Saat itu saya dapat info yang lumayan seru untuk disimak Tentang masalah Flash dalam iklan blog. Karna memang akhir-akhir ini saya mendapati iklan blog saya seperti di atas dan kanan bawah sering keluar notification. Dan ternyata penyebabnya adalah dari Browser itu sendiri, Mozilla. Mozilla telah memblokir plugin Flash secara otomatis dari browser Firefox-nya, sehari setelah Chief Security Facebook, Alex Stamos, meminta Adobe untuk menghentikan layanan Flash-nya.



Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Head of Support Firefox di Mozilla, Mark Schmidt, melalui akun Twitter miliknya.

Langkah pemblokiran ini dilakukan bukan tanpa alasan. Sebelumnya perusahaan spyware, Hacking Team, mengklaim telah menemukan celah keamanan yang cukup berbahaya pada Flash. Mereka dapat menggunakan Flash untuk mengambil alih komputer orang dari jarak jauh dan menginfeksinya dengan malware.

Hacking Team juga mengungkap bahwa data cache file sebesar 400 GB miliknya telah berhasil dibobol dengan memanfaatkan celah keamanan pada Flash tersebut.

Lewat akun Twitter-nya, Schmidt menyatakan bahwa semua versi Flash telah diblokir dari Firefox. Itu berarti pengguna Firefox tidak akan bisa mengaktifkan plug-in untuk mengakses konten-konten Flash, mereka harus mencari browser lain jika harus menggunakan Flash. Pengguna browser Firefox juga dapat mengaktifkan Flash di browser-nya melalui menu "Settings".

Kendati Flash kini diblokir, Mozilla mengatakan bahwa ada kemungkinan Flash akan diaktifkan kembali pada Firefox suatu hari nanti. Jadi, pemblokiran ini tidak bersifat permanen.

 "Agar jelas, Flash hanya diblokir sampai Adobe merilis versi terbaru yang tingkat keamanannya lebih baik," kata Schmidt lewat tweetnya.

Sampai berita ini diturunkan, pihak Adobe sendiri belum bersedia angkat bicara.

Meski Flash diblokir, pengguna browser Firefox sebagian besar tidak akan melihat perubahannya. Sebab, kurang dari 11% situs web yang menggunakan Flash, menurut perusahaan survei teknologi, W3Techs. Teknologi Flash sekarang sudah mulai ditinggalkan oleh perusahaan-perusahaan besar termasuk Facebook.

Flash sendiri merupakan jenis software yang disebut "middleware", sebuah add-on extension untuk browser yang memungkinkan konten yang kaya untuk dilihat. Satu dekade yang lalu Flash memang banyak digunakan. Sebagian besar digunakan pada game-game berbasis Web, animasi dan video.

Saat YouTube diluncurkan pada tahun 2005, video-videonya sepenuhnya berbasis Flash, yang mengharuskan pengaksesnya untuk menginstal plug-in Flash agar bisa menonton video di YouTube.

Namun, semuanya mulai berubah memasuki tahun 2010. Steve Jobs menulis sebuah surat terbuka tentang keamanan Adobe. Ia menyalahkan Flash player yang menyebabkan Mac menjadi crash dan menyebut Flash memiliki "salah satu catatan keamanan terburuk pada tahun 2009". Jobs mengungkapkan kalau Flash tidak akan lagi dibutuhkan untuk menampilkan video ataupun konten lainnya di internet.

iPhone sendiri tidak men-support Flash. Meskipun smartphone berbasis Android awalnya didukung Flash, Adobe kemudian menghentikan dukungan Flash untuk semua smartphone pada tahun 2011.

Sementara itu, YouTube pada akhir Januari secara resmi telah meninggalkan Flash dan beralih ke teknologi HTML5 untuk menyediakan layanan video streaming. Game-game di Facebook yang menggunakan Flash juga semakin jarang diminati.

Akhirnya pertanyaan saya terjawab karna setiap kali buka blog selalu ada notification dari iklan ppc yang saya pasang. Jadi sekarang saya memakai Chrome saja karna saya rasa lebih praktis.
Semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. lebih nyaman pakai Google Chrome gan :D

    http://fullysofts.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tp d google chrome pun harus setting all plugin

      Hapus

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.