Perubahan Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id

Halo kawan-kawan.
Siang ini saya kaget melihat salah satu blog saya Perjalanan. Tiba-tiba ada yang aneh dengan alexa ranknya. Kemudian saya mencoba untuk masuk ke website alexa dan melihat site saya. Tambah bingung waktu saya mencek yang keluar cuma Blogger.co.id dan alexa nya lumayan fantastis.
Setelah itu saya mencoba kembali pada blog teman saya Mikroshop BJM. Ternyata hasil yang ditunjukkan kembali sama.
Hal itu juga terjadi saat saya membuka homepage dan hasilnya blog saya yang berdomain blogspot.com redirect ke blogspot.co.id. Kenapa bisa begitu ?
Setelah itu saya mencari informasi di beberapa forum dan saya mendapati informasi update mengenai perpindahan domain blogspot sesuai dengan negara provider masing-masing dan saya baru menyadari kalau hal ini sudah berlangsung sejak 3 September yang lalu. Maklum sekarang udah terbiasa dengan domain baru yang bukan blogspot hehehe. Dan ini hasil rangkuman yang saya dapat, dan maaf kalau ada yang salah terutama untuk SEO dan Adsense nya, karna saya newbie dalam hal ini tidak seperti master Ayead Gaptek

Perubahan Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id

Isu Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id sudah ada sejak 2012 

Adanya isu perubahan domain ini ternyata sudah ada sejak 2012 yang lalu, dan beberapa negara sudah memberlakukan aturan ini seperti jerman dengan blogspot.de.
Tujuan dari pengalihan domain menurut google untuk mengontrol kebijakan bahwa suatu blog tidak boleh melanggar kebijakan suatu negara, jika tetap banyak blogger yang melanggar maka blogspot untuk negara tersebut akan dihapus dan hanya untuk domain negara tersebut.
Domain blog ini menyesuaikan dengan negara yang mengaksesnya. Seperti Jepang dengan blogspot.jp, Indonesia dengan blogspot.co.id, Amerika dengan blogspot.com, dll

Efek Pengalihan Domain

Perubahan ini pun memicu timbulnya masalah kecil yang akan menjadi besar nantinya apabila di biarkan. Beberapa masalah pun dialami oleh kawan-kawan blogger Indonesia khususnya, seperti berikut :

1. Iklan Google Adsense Tidak muncul 
Untuk pengguna iklan adsense nya google. Iklan google tidak muncul karena google menganggap domain blogger.co.id adalah domain baru. Yang bisa dilakukan adalah menunggu selama 2x24 jam hingga masalah ini diatasi. Dan jangan lupa kita claim alamat blog kita agar iklan kita diakui.

2. Alexa rank membengkak
Kurang lebih sama seperti hal di atas. Blog kita akan di anggap blog baru lahir oleh alexa sehingga akan mempengaruhi rank alexa kita. Dan inilah masalah yan terjadi pada blog saya dan teman saya tadi.

3. Kemungkinan Duplikat Konten
Banyaknya domain berbeda dari setia negara menjadikan terjadinya perbedaan domain yang hanya mengarah kesitus yang sama. Dan memungkinkan terjadinya duplikat konten menurut pakar SEO, entah siapa tapi ini masih diperdebatkan saya kurang mengerti juga hehe. 

Bagaimana Cara Mencegahnya Redirect Otomatis blogspot.com menjadi blogspot.co.id ?

Saya punya tips yang akurat untuk mengatasi hal ini, saya dapat dari beberapa forum dengan resiko tanggung masing-masing.
Berikut langkah-langkahnya:
1. Masuk ke blogger dan buka blog kalian
2. Pilih menu template dan klik edit html
3. Tekan Ctrl+F pada keyboard untuk mencari kode <head> 
4. Masukkan kode html ini persis di bawah kode <head> :

<script type='text/javascript'> var str= window.location.href.toString(); if ((str.indexOf('.com/'))=='-1') { var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot.")); if (str1.indexOf('/')=='-1') { var str2=str1; } else { var str2=str1.substring(0,str1.indexOf('/')+1); } window.location.href =window.location.href.toString().replace(str2,'.blogspot.com/ncr/'); } </script>

Atau kode ini :

<script type="text/javascript">
      var blog = document.location.hostname.split(".");
      if (blog[blog.length - 1] != "com") {
        var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
        window.location.replace(ncr + document.location.pathname);</script>

Perubahan Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id

Setelah memasukkan kode itu di blog alexa rank saya kembali normal (walaupun bengkak karena domain baru -_-"). Silahkan cek dan kunjungi blog saya hahaha.
Itu dulu tulisan dan info dari saya karna saat ini saya sedang dikejar dengan tugas kantor dan ngantuk. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel