Header Ads

Mengenal Online Banking Yang Memiliki Banyak Manfaat

Mengenal Online Banking Yang Memiliki Banyak Manfaat

Internet banking juga terkadang dikenal dengan istilah Electronic Banking atau E-Banking. Selain kedua istilah tersebut, juga disebut sebagai
Internet ebanking, Virtual Banking, Cyber Banking, Online Banking dan Home Banking.

Internet banking adalah suatu aktivitas transaksi yang berhubungan dengan perbankan. Aktivitas transaksinya dapat dilakukan di kantor, rumah atau tempat-tempat lainnya dengan menggunakan jaringan internet.

Cara Mendaftar Internet Banking

Untuk dapat menikmati manfaat dan keuntungannya, pertama kita harus mendaftar internet banking baik melalui ATM maupun langsung melalui bank yang bersangkutan.

Untuk mendaftar di mesin ATM pun, Anda hanya perlu memasukkan kartu debit di mesin ATM lalu input pin, buka menu pilihan internet banking dan mendaftar sesuai dengan panduan yang ada.

Setelah selesai mendaftar, proses selanjutnya adalah aktivasi melalui login ke situs bank yang bersangkutan, dan tinggal mengikuti panduan yang ada di situs tersebut.

Hingga tahap ini, status Anda masih hanya sebatas cek transaksi.

Bila Anda ingin agar bisa melakukan transaksi perbankan, Anda bisa datang ke customer service untuk mendapatkan token atau One Time Password (OTP).

Bagi pengguna token, maka proses transaksi menggunakan alat ini sangat mudah, yaitu kunjungi situs bank kemudian pilih layanan Internet.

Anda bisa masukkan user ID dan password, pilih menu yang diinginkan dan ikuti saja perintah sesuai dengan yang tertera di menu, termasuk mengaktifkan token untuk pertama kalinya.

Ketika Anda sudah selesai bertransaksi, maka Anda akan menerima email dari bank terkait mengenai transaksi yang dilakukan, sekaligus menjadi salah satu pemberitahuan bahwa bukti transaksi berhasil.

Manfaat dan Keuntungan Online Banking

1. Melakukan Transfer Uang Non Tunai

Dengan menggunakan internet banking, kita sebagai nasabah tidak perlu repot-repot pergi ke ATM atau bank untuk melakukan transfer uang.

 

2. Mengecek Saldo dan Mutasi Rekening

Jika ingin melihat saldo rekening, nasabah tidak perlu lagi pergi ke ATM terdekat, cukup dengan memanfaatkan fasilitas, maka nasabah bisa mengecek saldo kapan pun di mana pun dengan laptop, tablet, atau gadget lainnya, plus koneksi internet.

Di internet banking pun, nasabah bisa melihat data transaksi keuangan (mutasi rekening) dalam beberapa hari, minggu atau bulan terakhir

 

 3. Membayar Tagihan Bulanan

Kini pembayaran tagihan bulanan seperti tagihan listrik, beli token listrik online, telepon, air, biaya pendidikan, TV berlangganan, bahkan pajak bisa dilakukan tanpa harus datang ke tempat pembayaran seperti biasa. Tentunya tempat pembayaran tersebut harus terdaftar dan terhubung dengan bank.

Salah satu bank di Indonesia yang memiliki layanan online banking adalah bank BRI, melalui aplikasinya BRImo. Aplikasi ini dapat diunduh pada Play Store dan Apps Store.

Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.