-->

Teknologi Telematika dan Manfaatnya

Teknologi Telematika dan Manfaatnya
Dengan perkembangan teknologi dan inovasi terkini, sejumlah besar kendaraan telah disesuaikan untuk menggabungkan perangkat teknologi telematika. Telematika adalah gadget yang dirancang untuk menghubungkan dan memantau semua perangkat elektronik di dalam mobil Anda. Mereka biasanya terletak di port diagnostik onboard kendaraan Anda (OBP), yang ditemukan di dekat roda kemudi di bawah dasbor. Salah satu contoh sistem telematika adalah EyeRide Online, yang menyediakan sistem pemantauan dan pelacakan manajemen armada lengkap. 

Fungsi teknologi telematika

Fungsi utama perangkat telematika ini adalah mengirim dan menerima informasi melalui koneksi jaringan, yang membuat mobil Anda terhubung sepenuhnya. Ada dua jenis utama sistem telematika:
· Tertanam
· Tidak tertanam
Memiliki sistem telematika yang dimasukkan atau disematkan ke dalam mobil Anda memiliki banyak manfaat:

Perilaku Pengemudi dan Keselamatan Armada

Telematika membantu mempromosikan kebiasaan mengemudi yang aman, yang pada gilirannya membantu mengurangi insiden mengemudi yang ceroboh, sehingga mengurangi jumlah kecelakaan di jalan serta meningkatkan keselamatan armada. Di sisi lain, ini membantu pemilik armada untuk campur tangan secara real-time saat dibutuhkan, yang membantu menghindari tabrakan. Selain itu, data yang dikumpulkan dari perangkat telematika dapat membantu Anda meningkatkan kebiasaan mengemudi.

Pemotongan Biaya dan Ekonomi Bahan Bakar

Sistem telematika membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar, yang memastikan industri transportasi mampu meningkatkan produktivitas dan menurunkan biaya operasional. Telematika juga meningkatkan tingkat perawatan kendaraan, karena sistem dapat memberi tahu Anda jika diperlukan perawatan.

Manajemen risiko

Memiliki perangkat telematika mengirimkan informasi ke penyedia asuransi Anda membuat Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan hadiah seperti diskon premium yang ditawarkan oleh perusahaan untuk mengemudi yang aman. Selain itu, gadget ini membantu operator armada mengidentifikasi kelemahan pengemudi dan bagaimana mereka, pengemudi, dapat dilatih.

Bagaimana Teknologi Telematika Bekerja?

Untuk memasang teknologi pelacakan armada, perangkat keras kecil yang disebut telematika atau kotak hitam dipasang di belakang dasbor. Setiap gadget telematika berisi tiga komponen utama: akselerometer, kartu SIM, dan antena GPS. Sistem GPS mendeteksi posisi Anda di dunia dan kecepatan perjalanan Anda. Akselerometer mendeteksi apakah dan kapan kendaraan Anda terlibat dalam segala bentuk gerakan benturan mendadak, seperti pengereman mendadak dan akselerasi intens. Informasi yang dikumpulkan kemudian ditransfer melalui saluran komunikasi ke server aman di cloud. Kemudian dianalisis menggunakan teks dan diagram, yang kemudian dikirimkan kembali kepada Anda.

Mengapa Anda Harus Memasang Sistem Telematika?

Teknologi telematika bukan cadangan untuk pemilik armada saja. Ini untuk semua orang - dari mereka yang memiliki armada kendaraan di industri transportasi hingga Anda yang memiliki mobil pribadi. Teknologi ini membantu menemukan dan memantau armada mobil yang lengkap serta melacak kendaraan curian. Selain itu, perangkat ini memungkinkan Anda mendapatkan bantuan cepat di pinggir jalan dan melakukan panggilan darurat jika terjadi kecelakaan.
 
LihatTutupKomentar