Berikut 5 Tanda dan Gejala Diabetes


Berikut 5 Tanda dan Gejala Diabetes

Banyak sekali pengalaman beberapa orang pada saat ketika sedang buang air kecil lalu air seninya akan dikerubuti oleh semut. Itu merupakan salah satu dari tanda-tanda kena diabetes yang sangat gampang sekali untuk diketahui. Tapi ada banyak sekali lagi tanda-tanda jika kalian kena diabetes yang perlu banget untuk diwaspadai.

Apabila seseorang yang memiliki riwayat penyakit diabetes maka biasanya air seni yang dibuang masih mengandung gula loh nah, ini kenapa biasanya orang yang memiliki penyakit ini biasanya air kencing nya akan dikerumbuni oleh semut. Ini biasanya terjadi karena ketika gula darah yang masuk ke dalam tubuh kalian dan akan di proses oleh organ ginjal tidak terserap dengan sempurna oleh tubuh. Kemudian akan dikeluarkan oleh tubuh melalui air seni atau pipis.

Berdasarkan data yang berasal dari WHO,  mengatakan bahwa pada tahun 2015 terdapat 415 juta penyandang diabetes di seluruh dunia, dan angka ini akan diprediksi akan terus bertanbah bertambah menjadi 642 juta penyandang pada tahun 2040. Sekitar 80 persen kasus diabetes dapat dicegah dengan melakukan yang namanya deteksi sedini mungkin. Sayangnya, banyak sekali orang diluarsana yang tak menyadari jika dirinya memiliki penyakit diabetes.

Penyakit diabetes ini merupakan sebuah gangguan dari penggunaan glukosa yang terjadi di dalam tubuh. Diabetes ini tidak terjadi secara begitu saja. Akan tetapi sebelum seseorang didiagnosis menderita diabetes, maka biasanya mereka akan mengalami fase normal, lalu akan meningkat menjadi prediabetes dan pada akhirnya menderita diabetes.

Penyakit ini sangat sering disebut dengan silent killer. Karena penyakit ini tidak langsung menyebabkan yang namanya kematian akan tapi komplikasi yang dihasilkan dari penyakit diabetes ini bisa saja akan menurunkan kualitas hidup dari seseorang hingga akan berakhir dengan kematian.
Jika seorang penderita diabetes bisa untuk mengontrol kadar gula darahnya dengan baik, maka biasanya komplikasi yang diakibatkan oleh penyakit ini bisa saja dicegah. Biasanya komplikasi dari penyakit diabetes ini bisa saja akan menyerang hampir seluruh organ tubuh dari manusia.

Nah, yuk kenali apa saja sih tanda-tanda jika seseorang sedang terkena penyakit diabetes ini. Berikut penjelasan artikel ini !

1.      Sering buang air kecil
Buang air kecil akan menjadi sering jika terlalu banyak glukosa dalam darah. Jika insulin (yakni hormon yang mengendalikan gula darah) tidak ada atau sedikit maka ginjal tidak dapat menyaring glukosa untuk kembali ke dalam darah. Kemudian ginjal akan menarik tambahan air dari darah untuk menghancurkan glukosa. Hal ini lah yang membuat kandung kemih akan penuh dan bisa membuat seseorang sering untuk pipis.

2.      Sering merasa haus
Karena akan sering buang air kecil, maka kalian akan menjadi lebih sering untuk haus, juga hal ini karena proses dari penghancuran glukosa yang cukup sulit maka air di dalam darah akan tersedot untuk menghancurkannya. Sehingga seseorang perlu minum lebih banyak untuk menggantikan air yang hilang.

3.      Berat badan turun cepat
Terutama ini biasanya terjadi pada para penderita diabetes pada tipe 1 atau biasanya diabetes ini diakibatkan oleh faktor genetik. Organ pankreas dari penderita penyakit diabetes ini akan berhenti membuat insulin akibat dari serangan virus pada sel-sel pankreas atau respons autoimun yang akan membuat tubuh dapat menyerang sel-sel yang akan memproduksi insulin. Akibatnya tubuh akan menjadi kesulitan utnuk mencari sumber energi karena sel-sel tidak dapat memperoleh glukosa dengan baik. Kemudian tubuh akan mulai memecah jaringan otot dan lemak untuk energi cadangan sehingga berat badan penderita akan terus menyusut.

4.      Merasa lemah dan gampang kelelahan
Karena produksi dari glukosa menjadi terhambat sehingga sel-sel makanan dari glukosa yang harusnya didistribusikan ke semua sel tubuh untuk membuat energi jadi tidak berjalan. Karena sel energy ini tidak akan mendapat asupan sehingga penderita akan merasa cepat lelah.

5.      Sering kesemutan di kaki dan tangan
Gejala ini disebut neuropati. Terjadi secara bertahap dari waktu ke waktu karena glukosa dalam darah tinggi akan merusak sistem saraf. Pada para penderita diabetes tipe 2 ini kejadiannya secara bertahap, dan orang-orang sering tidak menyadari bahwa itu salah satu pertanda. Kondisi gula darah tinggi kemungkinan telah terjadi beberapa tahun sebelum diagnosa. Kerusakan saraf dapat menyebar tanpa pengetahuan kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel