Header Ads

Bernyanyi Dapat Meningkatkan Memori dan Semangat Belajar


Bernyanyi Dapat Meningkatkan Memori dan Semangat Belajar

Musik biasanya tidak akan dapat dipisahkan dari kehidupan dan juga menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam setiap budaya. Bahkan sejak kita berada di dalam kandungan, banyak sekali para orang tua yang sudah mulai memperdengarkan musik yang dipercaya akan dapat meningkatkan IQ dari anak. Ketika kita lahir, tanpa kita disadari bahwa music ini sudah menjadi salah satu media ekspresi cinta dari Bunda pada saat menidurkan anak-anaknya, menenangkan, dan sedang bermain dengan si Kecil.

Nah, sudahkah para Bunda atau orang tua mengajak si Kecil untuk bernyanyi hari ini? Simak manfaat yang sangat baiknya berikut ini ya dalam mengajak bernyanyi anak-anak.

1.      Perkembangan Kemampuan Bahasa
Manfaat dari musik dan juga bernyanyi untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa yang sangat baik dirasakan pada fase anak-anak yang sedang menginjak tahapan usia 1+. Children’s Musik Workshop menunjukkan bahwa  dari penelitian terbarunya bahwa seorang anak-anak yang sangat sering berlatih musik atau pun bernyanyi akan mengembangkan bagian dari sisi kiri otaknya, yang dikenal dengan terlibat dalam pengolahan bahasa anak tersebut. Bunda juga bisa menggunakan aplikasi dari StimuLearn yang bisa sangat membantu dalam menstimulasi si Kecil dalam proses belajar dan juga bereksplorasi secara interaktif. Pilihkanlah program Kegiatan anak-anak Hari Ini, yaitu dengan dapat mengajarkan si Kecil untuk dapat menyanyikan lagu yang sederhana seperti pok ame ame secara bersama-sama lalu coba mintalah si Kecil untuk tampil di depan anggota keluarga lainnya agar dapat menambah kepercayaan diri anak.

2.      Membantu Proses Belajar
Salah satu penelitian yang digagas oleh E. Glenn Schellenberg dari University of Toronto di Mississauga dan juga telah diterbitkan dalam Psychological Science pada tahun 2004, menemukan bahwa adanya peningkatan IQ pada anak yang berusia 6 tahun yang  sudah diberikan stimulasi pelajaran memainkan piano dan juga menyanyi. Ternyata menyanyi dan bermain music menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan, menyanyi juga sangat efektif dalam membantu proses belajar dan juga dapat mengoptimalkan dari tumbuh kembang si Kecil.

3.      Meningkatkan Kemampuan Memori
Menurut Dr Kyle Pruett, merupakan salah satu professor klinis dari psikiatri anak di Yale School of Medicine, mengatakan bahwa anak-anak yang sudah terbiasa dengan menyanyi dan juga bermusik akan mempunyai keterampilan yang berhubungan langsung dengan kemampuan dalam penyelesaian masalah dibidang arsitektur, matematika, seni, dan juga komputer. Selain itu juga, kebiasaan ini juga sangat berkaitan dengan yang namanya kemampuan memori dan juga atensi. Anak-anak yang sangat menyukai musik akan cenderung lebih baik dalam berkonsentrasi dan mengingat suatu informasi yang sudah diberikan oleh lingkungannya nanti.

4.      Membangun Suasana hati
Ternyata musik juga dapat meningkatkan kemampuan si Kecil dalam belajar loh. Akan tetapi sangat penting sekali untuk dipahami bahwa musik hanyalah bagian kecil saja yang dapat meningkatkan dari kecerdasan anak. Butuh beberapa stimulasi yang lainnya untuk dapat mencapai sebuah perkembangan yang orang tua dan anak inginkan, demikianlah pernyataan Dr Kyle. Bernyanyi juga dapat membuat suasana hati akan menjadi lebih gembira dan segala sesuatu yang dikerjakan juga dengan hati yang senang tentunya akan dapat membawa hasil yang lebih baik lagi loh. Tidak hanya itu saja, anak yang terlihat juga akan ceria dan lebih mudah dalam menjalin pertemanan sehingga akan meningkatkan keterampilan sosialnya suatu saat nanti.