Header Ads

Teman di Facebook Cuma 150 yang Asli

Bagi kalian yang mempunyai akun FB dan pertemanan kalian mencapai ribuan. Tahukah kalian total teman yang benar-benar asli. Menurut sebuah penelitian, adalah 150 orang. Bila teman di Facebook ternyata mencapai ribuan, bisa jadi ada yang palsu di sana.

Palsu di sini bukan berarti orang itu sebenarnya musuh atau sesuatu yang berbahaya. Namun artinya adalah teman yang sangat jarang diajak berinteraksi.

Teman di Facebook Cuma 150 yang Asli, Sisanya?

Riset yang dipublikasi di jurnal Social Networks itu, seperti dikutip KompasTekno dari The Independent, Jumat (22/1/2016), menyebutkan adanya lapisan-lapisan dalam pertemanan di media sosial.

Peneliti menggunakan data dari 130.338 profil Facebook yang aktif dan akhirnya menemukan simpulan bahwa lapisan pertemanan berada di kisaran jumlah 5, 15, 50, hingga maksimal 150 orang berbeda.

Selain Facebook, struktur serupa juga bisa ditemukan pada media sosial Twitter, bahkan hubungan pertemanan di dunia nyata.

Khusus untuk Twitter, terdapat sebuah lapisan pertemanan baru yang tidak ditemukan dalam komunikasi tatap muka. Ini adalah lavisan terdalam yang hanya terdiri dari rata-rata 1,5 individu, tergantung skala lapisan lain di luarnya.

Individu yang dimaksud dinilai punya relevansi terhadap ego karena mereka sangat sering berkomunikasi, kurang lebih sekali tiap lima hari di Facebook atau setiap hari di Twitter.

Namun perlu dicatat, kendati maksimal hubungan pertemanan bisa menampung hingga 150 orang, sebenarnya sebagian besar jejaring ini berisi kurang dari 100 orang.

Facebook mungkin membatasi jumlah pertemanan maksimal hingga 5.000 orang, tapi sebenarnya, komunikasi dan pertemanan yang terjalin dengan pemilik akun sangat sedikit dibandingkan angka tersebut.

Semoga Bermanfaat

9 komentar:

  1. hahaha iya gan ane juga temen ada 4rb an tapi yang ane chat & kenal paling 200 hahaha

    BalasHapus
  2. hanya 150 yang asli, masak sih min ?
    jadi penasaran..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah coba aja agan cek temen agan..paling sekian persen yang respon sisanya kelaut aje hahaha

      Hapus
  3. iya ane juga ngearasain walaupun ribuan teman ane di sosmed tapi tidak sampai 50 oorang yang serin ane jalin komunikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kaya ane gan..berarti betul maksud artikel di atas

      Hapus
  4. hha ane sedikit bangt bang g ;lebih dr 800 tp 40% temen by dedi mekanikmitsubishi

    BalasHapus
  5. sosmed memang sekarang menjadi lebih trend lagi dibanding dulu.

    BalasHapus

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.