Header Ads

Terminologi Gui dasar dan Konsepnya

Terminologi Gui dasar dan Konsepnya

Pernahkah kalian mengenal istilah terminologi gui dasar. Apa yang ada dalam pikiran kalian. GUI atau Graphic User Interface memang sangatlah penting dalam menunjang pekerjaan kalian didepan komputer.


Dengan ada nya GUI yang membantu Kalian bisa lebih mudah bekerja dan bila Kalian mengetahui apa saja konsep GUI dan istilah yang benar untuk digunakan. Salah satu masalah terbesar yang dimiliki pengguna komputer baru dengan dukungan teknis adalah tidak mengetahui cara menjelaskan dengan benar masalah yang mereka alami. Dan tidak adil untuk mengharapkan orang dukungan teknis untuk secara otomatis mengetahui apa itu "hal-a-ma-jingy," atau "whatcha-ma-call-it".


Berikut ini menjelaskan nama yang benar untuk komponen umum perangkat lunak sehingga ketika Kalian mengalami masalah, Kalian dapat secara efektif menjelaskan masalah yang Kalian alami dan teknisi dapat dengan mudah menyelesaikannya.


Antarmuka pengguna - ini adalah desain visual suatu program. Ini mungkin berisi kotak, kotak, kata, ikon, dan tombol. Jika Kalian mengalami kekurangan memori misalnya, Kalian mungkin melihat persegi panjang hitam di seluruh antarmuka pengguna program perangkat lunak Kalian.


Bilah judul - ini adalah bagian paling atas dari sebuah program yang menampilkan namanya sendiri atau mungkin menggambarkan konten yang ditampilkan di bagian lain dari antarmuka. Jika sebuah program salah dikodekan, Kalian mungkin melihat deskripsi yang salah di bagian antarmuka ini.

BACA JUGA : Bahasa Pemrograman Terbaik dan Termudah


Bilah menu - bagian program ini menampilkan item menu dan opsi menu. Beberapa bagian paling umum dari bilah menu memberikan akses ke perintah File, perintah Buka, perintah Simpan, dan perintah Cetak. Contoh kesalahan di bagian antarmuka ini adalah jika opsi hilang atau berwarna abu-abu (berwarna lebih terang).


Bilah alat - bagian program ini menampilkan ikon kecil di bagian atas yang mewakili alat. Mengklik ikon akan membuka alat atau memproses perintah yang mungkin juga ada di bilah menu program. Masalah di bagian antarmuka ini jarang terjadi, namun jika Kalian berulang kali mengklik ikon tanpa hasil, Kalian dapat menjelaskan masalah dengan benar dengan merujuk ke bilah alat.


Tombol Perkecil, Pulihkan, dan Keluar - ketiga tombol ini biasanya terletak di bagian paling kanan atas antarmuka program dan masing-masing memungkinkan Kalian untuk memperkecil layar program, mengembalikannya ke ukuran aslinya, atau mematikan program sepenuhnya.


Scroll bar - alat yang mudah digunakan ini memungkinkan pengguna untuk memindahkan data ke atas dan ke bawah layar komputer.


Bilah status - bagian program ini terletak di bagian paling bawah antarmukanya, dan biasanya menampilkan pesan kecil yang menunjukkan kemajuan suatu perintah atau tugas. Jika diprogram dengan tidak benar, aplikasi mungkin menampilkan informasi yang salah di area ini.


Menu konteks - seperti bilah menu, menu konteks ditampilkan saat pengguna mengklik kanan sesuatu. Ini menampilkan perintah seperti yang Kalian lihat di menu File atau menu Bantuan.


Kotak input - kotak input biasanya berbentuk persegi panjang kecil yang memungkinkan Kalian mengetik data ke antarmuka sederhana seperti halaman web atau jendela browser. Jika ternyata Kalian tidak dapat mengetikkan informasi ke salah satunya, Kalian dapat menyelesaikan masalah secara efektif dengan teknisi dengan menyebutnya sebagai kotak input, bukan "persegi panjang putih", atau "tempat untuk memasukkan teks".


Tombol - tombol melakukan perintah setelah pengguna mengkliknya dengan mouse. Masalah terjadi ketika teks tombol berwarna abu-abu atau jika tidak tampak tenggelam ke layar saat diklik.


Kotak centang - kotak centang adalah kotak kecil yang memungkinkan pengguna untuk menunjukkan beberapa pilihan di antara banyak. Saat diklik, "x" kecil ditampilkan di dalam kotak. Mirip dengan kotak centang, tombol radio memungkinkan pengguna untuk menunjukkan satu pilihan di antara banyak pilihan. Masalah dengan tombol radio dan kotak centang terjadi ketika pengguna membuat satu pilihan, tetapi antarmuka bereaksi seolah-olah pengguna membuat banyak pilihan (atau tidak sama sekali). Saat menjelaskan masalah kepada teknisi, pastikan untuk menunjukkan apakah masalah terjadi dengan kotak centang atau kotak radio. Pemula komputer secara keliru menukar nama kedua kontrol ini.


Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.