Liburan Santai Nggak Perlu Jauh, Ini Dia Manfaat Staycation!

Liburan Santai Nggak Perlu Jauh, Ini Dia Manfaat Staycation!

Untuk memahami apa itu Staycation, pertama-tama kita harus tahu dulu asal muasal Staycation. Nah, Staycation berasal dari kata “stay” dan “vacation”. Stay artinya tinggal dan Vacation artinya liburan.

Jadi, Staycation berarti liburan yang kamu lakukan di rumah atau di dekat rumah kamu. Tipe liburan seperti ini bisa kamu lakukan kapan saja tanpa harus bepergian jauh. Staycation menjadi sangat populer karena semakin banyak orang yang menemukan cara untuk bersantai dan memulihkan tenaga di rumah.

Umumnya, staycation merupakan cara ekologis untuk menghabiskan liburan kamu di rumah atau dekat rumah kamu. Staycation memiliki banyak manfaat mulai dari hemat tenaga, tidak butuh banyak biaya, dan lebih sedikit polusi.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat Staycation yang mungkin belum kamu ketahui:

 1.Menghemat Pengeluaran

Perjalanan dan akomodasi bisa menghabiskan banyak uang, apalagi jika tujuan kamu ke luar kota atau bahkan luar negeri. Saat kamu sedang staycation, kamu dapat menghemat pengeluaran. Sebagai gantinya, kamu dapat menggunakan uang itu untuk membeli makanan, minuman, memanjakan diri, dan hiburan.

2.Mengurangi Stress 

Tingkat stres yang kamu alami secara keseluruhan akan jauh lebih rendah saat staycation dibandingkan ketika kamu bepergian jauh. Ada begitu banyak hal yang dapat membuat kamu stres saat melakukan perjalanan, namun staycation bisa membantu mengurangi stres tersebut.

Terlebih lagi, staycations memudahkan kamu untuk benar-benar beristirahat di rumah atau di tempat yang membuat nyaman. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan membiarkan pikiran, tubuh, dan jiwa kamu beristirahat.

3.Mendukung Perekonomian Lokal

Apakah ada restoran baru di kota kamu yang sangat ingin kamu kunjungi? atau ada restoran baru yang dekat dari rumah kamu? Jika demikian, staycation adalah cara terbaik untuk mendukung ekonomi lokal dengan menjelajahi tempat-tempat wisata terdekat. 

Selama staycation, mungkin kamu lebih banyak mengunjungi pasar lokal, mencoba cafe baru yang trendi, dan bahkan menginap di hotel terdekat yang nyaman. Semua itu dapat meningkatkan pendapatan kota kamu dan upaya perjalanan yang berkelanjutan.

4. Tidak Ada Jetlag

Salah satu bagian terburuk dari penerbangan jarak jauh adalah jet lag. Gangguan tidak menyenangkan ini terjadi saat kamu terbang melintasi satu atau lebih zona waktu. Hal tersebut tidak hanya mempengaruhi siklus tidur kamu, tetapi juga menyebabkan kurangnya nafsu makan dan kelemahan secara keseluruhan. 

Meskipun jet lag bukanlah sesuatu yang perlu kamu khawatirkan, tetapi hal itu pasti dapat berdampak pada perjalanan kamu dan membuat kamu lelah. 

Untungnya, jika kamu bepergian ke suatu tempat yang tidak jauh, kamu tidak akan melintasi zona waktu mana pun. Itu artinya, mungkin kamu akan merasa cukup istirahat dan siap untuk menikmati waktu liburan kamu.

5.Memiliki Lebih Banyak Waktu Bersama Orang Tersayang

Baik kamu melakukan perjalanan bersama anak-anak, berkemah dengan teman, atau menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, staycation adalah cara yang bagus untuk menikmati waktu bersama orang-orang yang kamu sayangi. 

Dengan staycation, kamu tidak perlu memikirkan penerbangan, perencanaan, penginapan, pertukaran mata uang (jika berlibur ke luar negeri) dan sebagainya. Kamu bisa lebih fokus untuk memiliki waktu berkualitas dengan orang-orang spesial dalam hidup kamu.

Nah, itulah beberapa manfaat staycation yang mungkin perlu kamu ketahui. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti ini, rasanya staycation jauh lebih baik dibanding liburan ke luar negeri.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel