Tradisi Tahun Baru Berbagai Negara

Tradisi Tahun Baru Berbagai Negara

Pergantian tahun menjadi suatu moment yang menyenangkan dan juga menyedihkan. Menyenangkan karena biasanya tahun baru masehi dijadikan acara untuk berkumpul bersama keluarga atau kerabat terdekat. Namun juga menjadi menyedihkan karena ibaratnya membuka lembaran baru, maju ke depan, dan meninggalkan segalanya di tahun yang lalu. Walaupun demikian, rasa senang lebih banyak porsinya dari pada rasa sedih. Hal tersebut sudah terbukti karena moment pergantian tahun banyak ditunggu orang-orang untuk bisa berkumpul dan merayakannya. 

Apakah kamu punya sebuah tradisi bersama keluarga atau pun kerabat dekat dalam menyambut tahun baru? Sepertinya akan sangat seru jika memilikinya. Seperti setiap negara ini yang memiliki tradisi khas untuk merayakan pergantian tahun, yuk kita intip gimana sih tradisi mereka?

1. Amerika Serikat

Pesta pergantian tahun di New York City biasanya orang-orang berkumpul di  Times Square untuk mengikuti acara penghitungan detik-detik pergantian tahun yang disiarkan jaringan televisi nasional. Sejak lebih dari 100 tahun yang lalu, acara pergantian tahun ditandai dengan tradisi penurunan bola raksasa di Times Square. Bola tersebut bisa dilihat dari kejauhan karena diberi hiasan lampu-lampu. Pada pukul 23.59.00, bola diturunkan dari tiang pengikatnya di atas gedung One Times Square, dan sampai di bagian bawah tiang tepat pukul 00.00 tengah malam. Sama dengan julukan yang diberikan untuk New York City, bola ini juga dijuluki "apel besar" (big apple).

2. India

Perayaan malam tahun baru di India biasanya diisi oleh  acara yang diadakan seperti pertunjukan musik dan tari oleh bintang-bintang bollywood dan pesta kembang api yang diadakan di kota-kota besar seperti Bangalore, Delhi, Chennai, Hyderabad, dan Mumbai.

3. Indonesia

Di Indonesia, malam tahun baru dirayakan dengan berkeliling kota, terompet dari kertas karton dibunyikan di jalan-jalan dan tempat hiburan telah menjadi budaya masyarakat saat menyambut pergantian tahun. Selain itu, hotel dan tempat-tempat hiburan mengadakan jamuan makan malam dan pertunjukan musik. Jakarta sangat ramai, tetapi Bali merupakan tujuan favorit pada saat malam tahun baru.

4. Jepang

Sepanjang hari terakhir dalam setahun, orang Jepang disibukkan dengan berbagai tradisi "toshi koshi" (melewatkan tahun). Malam pergantian tahun (31 Desember hingga 1 Januari pagi hari) disebut "joya" (malam tahun baru), dan merupakan kesempatan berkumpul bagi anggota keluarga. Pada malam pergantian tahun tahun baru, di Jepang terdapat tradisi memakan soba yang disebut toshikoshi soba dan ikan sarden (toshikoshi iwashi). Selain itu, orang Jepang memiliki tradisi menyambut toshigami (dewa tahun baru) dengan cara tidak tidur hingga di pagi hari. Orang yang lekas tertidur dipercaya rambutnya menjadi beruban. Pada malam pergantian tahun, kuil-kuil Buddha melakukan tradisi membunyikan genta malam tahun baru sebanyak 108 kali yang melambangkan jumlah nafsu manusia. Salah satu acara televisi untuk menyambut pergantian tahun adalah NHK Kōhaku Uta Gassen.

5. Turki

Di Turki pesta malam tahun baru diadakan di pusat keramaian kota Istanbul, Ankara, Izmir, Adana, dan Antalya. Di Istanbul, keramaian malam tahun baru berpusat di distrik Taksim, Beyoğlu, Nişantaşı, Kadıköy, dan Lapangan Kızılay, Ankara. Acaranya berupa tari, konser, pertunjukan sinar laser, dan pesta kembang api.

Itu adalah contoh tradisi yang biasa dilakukan oleh lima negara berbeda, menarik bukan? Apakah kamu ingin merayakan tahun baru di negara lain agar bisa menikmati tradisi tersebut? Pasti menyenangkan!


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel