Header Ads

Bluetooth Membuat Miliaran Perangkat Beresiko Diserang

Bluetooth Membuat Miliaran Perangkat Beresiko Diserang

Miliaran smartphone, tablet, laptop, dan perangkat IoT yang menggunakan software Bluetooth ternyata mempunyai kerentanan keamanan.

Kerentanan bernama BLESA (Bluetooth Low Energy Spoofing Attack) ini mempengaruhi perangkat yang menjalankan protokol Bluetooth Low Energy.

BLE adalah versi ramping dari Bluetooth. Teknologi ini dirancang agar menghemat daya baterai sembari menjaga koneksi Bluetooth tetap hidup selama mungkin.

Karena fitur ini hemat baterai, BLE telah diadopsi secara besar-besaran. Bahkan, BLE menjadi teknologi yang hampir selalu ada di perangkat bertenaga baterai.

Dengan adopsi BLE yang luas ini, peneliti keamanan dan akademisi berulang kali menyelidiki BLE agar menemukan kelemahan keamanan selama bertahun-tahun terakhir.

Terbaru, dalam sebuah proyek riset di Purdue University, tujuh orang akademisi menginvestigasi protokol BLE yang memainkan peran penting pada operasi BLE.

Fokus para akademisi adalah di proses reconnection. Operasi ini terjadi ketika dua perangkat BLE (klien dan server) mengautentikasi satu sama lain selama proses pemasangan.

Bluetooth

Reconnection adalah proses saat perangkat Bluetooth berada di luar jangkauan dan kemudian kembali lagi ke dalam jangkauan.

Saat proses reconnection, kedua perangkat BLE harus memeriksa kunci kriptografi satu sama lain, menyambungkan kembali, melanjutkan pertukaran data.

Seperti dikutip ZDNet, Rabu (23/9/2020), temuan tim peneliti menyebut, spesifikasi resmi BLE tidak mengandung protokol bahasa yang cukup kuat dalam proses reconnection.

Idealnya, ketika perangkat terhubung kembali, keduanya saling memeriksa ulang kunci kriptografi satu sama lain. Namun karena protokol bahasa, autentikasi ulang ini tidak wajib dan sifatnya hanya opsional.

Artinya, secara teori, penyerang mungkin dapat memalsukan koneksi dari perangkat yang terhubung sebelumnya. Dengan demikian, sangat memungkinkan penyerang mengelabui pengguna agar ke terhubung ke perangkat berbeda dan melakukan serangan berbahaya.

Perangkat Android Masih Rentan

Para peneliti menemukan bahwa BlueZ (IoT berbasis Linux), Flouride (Android), dan iOS BLE cukup rentan terhadap serangan berbasis BLESA. Sementara, BLE pada Windows cukup aman.

"Pada Juni 2020, Apple telah menerapkan patch CVE-2020-9770 agar kerentanan dan memperbaikinya. Implementasi Android BLE di perangkat yang diuji (Pixel XL) masih rentan," kata peneliti dalam makalah yang diterbitkan bulan lalu.

Sementara agar perangkat IoT berbasis Linuz akan menghentikan bagian dari kode yang memungkinkan serangan BLESA dan memakai prosedur reconnection yang tepat.

Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.