Tips Membersihkan Kamar Mandi Secara Menyeluruh

Tips Membersihkan Kamar Mandi Secara Menyeluruh

Karena Anda mengandalkan kamar mandi untuk menjaga kebersihan tubuh maupun kebersihan toilet yang ada disana, tentu bisa dikatakan bahwa ini menjadi kamar terbersih Anda. Perlu diketahui bahwa air, uap, dan kotoran dapat membuat kamar mandi Anda mudah menjadi rumah bagi bakteri, jamur, dan bau yang tidak diinginkan.

Membersihkan keran air, bak mandi, toilet, dan permukaan lain di dalam kamar mandi memang membutuhkan waktu apalagi jika ada noda membandel yang tak kunjung hilang. 

Melansir dari goodhousekeeping, berikut ini adalah beberapa tips membersihkan kamar mandi secara menyeluruh:

1.Ubin

 
Jika Anda memiliki shower berlapis ubin, cegah nat ubin menjadi kotor dan kuning dengan menggosoknya setiap minggu. Anda bisa mengikuti panduan berikut ini:

- Campurkan 3/4 cangkir pemutih klorin rumah tangga dengan 1 galon air atau bisa pilih pembersih yang sudah jadi. 

- Jangan lupa mengenakan sarung tangan karet sebelum membersihkannya. Setelah itu, gunakan sikat kaku untuk membersihkan ke satu area kecil pada satu waktu. Berhati-hatilah agar Anda atau permukaan sekitarnya tidak terkena percikan cairan tersebut.

 - Diamkan selama beberapa menit, lalu gosok dan bilas.

2.Wastafel

 
Wastafel kamar mandi Anda mungkin menjadi salah satu tempat pertama berkumpulnya kotoran seperti beberapa helai rambut, penumpukan pasta gigi hingga kuman yang menumpuk. Berikut cara terbaik untuk membersihkan wastafel kamar mandi Anda:

- Semprotkan pembersih kamar mandi ke sekeliling wastafel kamar mandi dan bersihkan menggunakan kain atau spons.

- Semprot atau bersihkan gagang keran dengan pembersih, biarkan tetap basah sampai waktu yang cukup dan sesuai dengan anjuran pada kemasan untuk membunuh kuman.

3.Toilet


Selain ingin toilet Anda tetap putih dan bersih, tentu Anda juga menginginkan dudukan dan pegangan toilet bebas dari kuman. Ikuti langkah membersihkan toilet sebagai berikut ini 

- Oleskan pembersih toilet dan diamkan hingga lima menit sebelum menggosok dengan sikat toilet. Setelah itu, siram dan bilas toilet sampai bersih.

- Gosok dudukan toilet dan gagangnya dengan tisu

Jika sudah membersihkan toilet dengan sikat, jangan lupa juga untuk membersihkan sikat toilet. Setelah digunakan, biarkan sikat toilet mengering dari wadahnya dan semprot dengan pembersih. Ingat, kebersihan toilet memang penting tapi alat untuk membersihkannya juga tak kalah penting.

4.Lantai Kamar Mandi


Tak perlu menunggu sampai Anda melihat kotoran untuk membersihkan lantai kamar mandi Anda. Anda bisa menggunakan pembersih dengan sedikit busa untuk menghindari tertinggalnya residu yang akan membuat kusam. 

- Semprot lantai dengan pembersih. Jika asap mengganggu, pastikan untuk membuka jendela dan pintu kamar mandi. Jika ada, nyalakan kipas angin untuk membawa udara segar dan mempercepat proses pengeringan.

- Untuk noda membandel yang tak kunjung hilang, oleskan pembersih yang mengandung pemutih pada kuas dan scrub. Setelah itu, bilas dan lap sampai kering.

5.Bak mandi

 
Bak mandi sangat rentan kotor dan dipenuhi jamur atau lumut. Bebaskan kotoran dengan membersihkan bak mandi Anda secara teratur. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

- Semprotkan area bak mandi dengan pembersih. Agar asap tidak terlalu mengganggu, buka jendela dan pintu kamar mandi, dan nyalakan kipas kamar mandi sebagai ventilasi jika ada.

- Gunakan scrub yang mengandung serat mikro dan pembersih berbusa yang larut. Basahi spon dengan sabun kemudian peras untuk membersihkan kamar mandi.

Nah, itulah beberapa tips membersihkan kamar mandi secara menyeluruh yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat ya!

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel