Tips Ampuh Penerapan SEO Blog Untuk Pemula

Tips Ampuh Penerapan SEO Blog Untuk Pemula

Menerapkan SEO didalam blog memang susah-susah gampang. Banyak sumber artikel mengatakan beberapa cara ampuh untuk meningkatkan SEO tetapi kebanyakan dari blogger pemula kebingungan memulainya dari mana. banyak sekali dari mereka mencari beberapa tips dan tutorial SEO blog.

Nah pada artikel kali ini. Saya akan membahas bagaimana cara agar blog yang kalian kelola mendapat ranking yang baik di mesin pencari google yaitu dengan teknik SEO. Ada beberapa hal yang harus kalian lakukan untuk membuat blog kalian bagus di mata Search Engine Google.

Tulisan ini akan saya bagi menjadi 2 bagian. Pada tulisan yang pertama ini saya akan membahas mengenai SEO On Page yang saya pribadi terapkan di situs saya ini. Untuk update selanjutnya silahkan tunggu.

Anda tidak harus mengikuti apa yang saya lakukan, tetapi pada artikel ini saya akan merangkum caranya dan menjadikannya lebih mudah untuk anda khususnya blogger pemula. Cara yang tidak terlalu rumit dan pastinya mudah untuk dipahami.

#1 Gunakan Template Responsive dan Seo Friendly

Tips Ampuh Penerapan SEO Blog Untuk Pemula
Pilih template SEO yang mobile Friendly serta cepat
Sebelum masuk ke bagian ini, istilah Responsive dan Seo Friendly mungkin asing untuk kalian para blogger pemula. Oke akan kita bahas.

Template Responsive adalah template atau tema blog yang bisa menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh pembaca. Misal pengunjung blog kita berasal dari gadget android atau Iphone, maka blog kita akan menyesuaikan tampilan layaknya smartphone.

Mengapa harus seperti itu ?

Bayangkan anda membuka sebuah blog dengan tampilan yang tidak Responsive. Saya pastikan anda akan kesulitan membaca isi konten blog tersebut karena tulisan dan widget-widget blog yang sangat kecil. Anda harus menzoom sendiri tulisan itu.

Lain halnya ketika blog tersebut menggunakan template responsive. Maka akan menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh pembaca. Paham ?

Untuk melihat apakah tema blog kalian sudah responsive bisa cek disini

Selanjutnya mengenai SEO Friendly. Template yang ramah SEO biasanya akan mempercepat perkembangan blog kita menuju ranking satu di google.

Hal tersebut benar adanya karena tempalate tersebut sudah di desain dari segi kode-kode tag yang ampuh menaikkan skor SEO blog kita.

Untuk menggunakan template Responsive dan Seo friendly silahkan kalian membelinya dengan pembuat template profesional seperti Mas Sugeng, Sora template, dll.

#2 Maksimalkan Postingan dengan Fitur yang ada di Blogger

Tips Ampuh Penerapan SEO Blog Untuk Pemula
Maksimalkan fitur diatas
Maksud fitur disini adalah menerapkan postingan dengan benar sesuai kadiah SEO yang saya pelajari. Banyak orang berpikir dengan menggunakan wordpress dengan plugin-plugin SEO nya bakalan membuat blog kita otomatis udah SEO.

Hal itu ada benarnya memang. Tetapi itu untuk kalian yang punya budget lebih untuk membeli hosting dan plugin premium.

Bagaimana dengan pengguna Blogger ?

Untuk kalian yang belum ada pikiran untuk pindah ke wordpress saya punya trik yang sering saya terapkan untuk postingan. Dengan menggunakan Label, Tautan permanen, dan Deskripsi Penelusuran.

Maksimalkan fungsi ketiganya. Untuk label pilih yang sederhana dan relevan dengan topik yang dibahas. Sedangkan untuk deskripsi penelusuran isi dengan kata-kata yang menarik.

Hal itu bertujuan agar nanti ketika dipencarian akan muncul snippet tentang maksud dari postingan kalian secara penuh dan tidak terpotong.

Snippet itu adalah deskripsi artikel kita seperti yang saya centang pada gambar.

Tips Ampuh Penerapan SEO Blog Untuk Pemula
Contoh snippet pada blog
Jangan lupa pula untuk menulis artikel dengan jumlah kata lebih dari 700 kata dan pergunakan cara menulis yang benar seperti dalam postingan ini


#3 Optimasi Keyword atau Kata kunci Dengan Tools Sederhana

Tips Ampuh Penerapan SEO Blog Untuk Pemula
Google Trend. Sederhana tapi Powerfull
Selain menggunakan template yang bagus, menggunakan tulisan yang SEO, ada satu hal lain yang sangat-sangat penting yaitu kita harus optimasi keyword.

Mengapa keyword ini menjadi hal yang sangat penting ?

Logikanya begini Google adalah mesin pencari dimana orang mencari apa saja yang mereka butuhkan. Algoritma Google akan menampilkan sesuai apa yang dikehendaki oleh usernya sehingga yang tampil pun harus apa yang sering manusia ketik.

Ingat manusia, BUKAN mesin.

Karena itu penulisan di blog kita harus bagus dan nyaman dibaca oleh manusia. Disamping kita menggunakan keyword yang sering dicari oleh orang.

Buat apa membuat artikel yang bahkan orang tidak tertarik mencari sama sekali. Untuk itulah gunanya Keyword Research untuk mencari keyword atau kata kunci yang sering orang cari.

Gunakanlah Google trend untuk mencari apa yang sedang orang cari dalam beberapa waktu belakangan ini. Dan ambil salah satunya untuk kalian jadikan artikel.

Lebih jelas mengenai keyword dan cara mendapatkan keyword yang benar akan saya update di postingan selanjutnya.

KESIMPULAN

Itulah beberapa tips ampuh penerapan SEO blog untuk pemula. Apa yang saya tulis diatas merupakan cara sederhana berdasarkan pengalaman pribadi saya. Tidak usah muluk-muluk ikut kursus SEO sana-sini tetapi belum memahami basic dari penggunaan SEO. Pelajari dulu hal-hal utama dan lakukan terus menerus.

Sekali lagi kita menulis konten untuk Manusia bukan Mesin. Pengaruh SEO hanya beberapa persen dari tingkat kesuksesan blog dimesin pencari. Berlebihan dalam menerapkannya justru akan menjadi masalah dikemudian hari.

Satu hal lagi bahwa penggunaan SEO tidak langsung berdampak hari itu juga, minggu itu juga, atau bulan itu juga. Blog yang menerapkan SEO membutuhkan waktu minimal 3 bulan bahkan ada yang tahunan untuk membuatnya maksimal. 

Karena itu konsistensi dan kesabaran sangat diperlukan dalam dunia blogging. Bukankah setiap kontes blog hasilnya akan di umumkan selama 3 bulan keatas. Itu bertujuan untuk memaksimalkan SEO dari blog-blog yang sedang berlomba dalam keyword yang ditargetkan.

Jadi jangan buang-buang waktu kalian mempelajari hal yang belum kalian mengerti. Perlahan-lahan tapi pasti itu kuncinya.

Tetap konsisten membuat konten yang menarik pembaca dan jangan terlalu sering gonta-ganti skrip, template, tag dll karena blog kalian sedang dalam proses pemilihan Google untuk menjadi yang terbaik nantinya.

Jika kalian dapat ilmu baru hari ini jangan lupa untuk berbagi dengan tombol share dibawah. Keep Blogging. Terima kasih sudah membaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel