Header Ads

Lubang Terdalam di Dunia Berjarak 12 Kilometer

Lubang Terdalam di Dunia Berjarak 12 Kilometer

Keberadaan lubang terdalam dunia yang digali manusia ini mungkin sudah banyak dilupakan. Tak tanggung-tanggung, ia menghujam sejauh 12 kilometer ke bawah tanah, lebih dalam dari palung Mariana.

Namanya Kola Superdeep Borehole yang terletak di Rusia. Lubang ini digali pada masa Uni Soviet atas nama sains, sehingga ilmuwan bisa mengetahui apa yang ada di bawah sana.

Selain itu, Amerika Serikat juga menggali lubang sehingga mereka terlibat kompetisi, layaknya pertandingan menuju luar angkasa yang sedang panas-panasnya ketika itu.

Baca juga: Penganut Bumi Datar Buktikan Bahwa Bumi Tidak Bulat

Proyeknya dimulai pada sekitar tahun 1970-an di Murmanks. Selama sekitar 20 tahun, mereka berhasil menjangkau kedalaman Bumi hingga 12 kilometer.
Menghujam Bumi 12 Kilometer, Ini Lubang Terdalam di DuniaFoto: istimewa

Namun pada 1992, penggalian dihentikan karena suhu mencapai 180 derajat Celcius, jauh di atas perkiraan ilmuwan. Masalah suhu yang terlampau panas ini harus diatasi jika ingin meneruskan penggalian.

"Penggalian semacam ini dilakukan karena kita hanya tahu lebih sedikit apa yang ada di bawah kaki kita dibandingkan di Tata Surya," cetus Hank Green, presenter acara sains SciShow yang dikutip detikINET dari BBC.

Penggalian itu tidak sia-sia. Ditemukan air di kedalaman tersebut yang sebelumnya dianggap tidak mungkin. Sekitar 7 kilometer di bawah, ada fosil mikroskopis dari 24 spesies.

Mereka juga mendapatkan akses pada bebatuan berusia 2,7 miliar tahun. Sayang, panasnya yang sangat tinggi tidak memungkinkan untuk diselidiki lebih lanjut.

Saat ini, Kola Superdeep Borehole yang berdiamater 23 cm ini ditutup dengan metal dan menjadi tujuan turis. Seandainya orang menjatuhkan diri ke dalam, ia membutuhkan waktu 3,5 menit untuk mencapai dasarnya.

Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.