Header Ads

Asuransi Jiwa Terbaik yang Perlu Kalian Ketahui

Asuransi Jiwa Terbaik yang Perlu Kalian Ketahui 
Asuransi jiwa adalah suatu kontrak perjanjian antara Kalian sebagai pemegang polis atau tertanggung dengan perusahaan asuransi sebagai penanggung yang mana perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah nominal uang jika terjadi risiko kematian terhadap pihak pemegang polis asuransi. 

Kalian sebagai tertanggung wajib membayar sejumlah premi yang nantinya bermanfaat untuk memberikan penggantian atas risiko kematian Kalian tersebut.
Dengan kata lain, asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang bertujuan untuk menanggung orang terhadap kerugian finansial yang tidak terduga, yang disebabkan karena tertanggung meninggal dunia.

Asuransi jiwa ini dapat kalian beli baik untuk kepentingan diri sendiri maupun atas nama tertanggung saja atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga. Misalnya seorang suami bisa membeli asuransi jiwa dengan istri sebagai tertanggung, atau orangtua juga bisa membeli asuransi jiwa dengan anaknya sebagai tertanggung. 

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang jenis-jenis asuransi jiwa ini, ada baiknya Kalian ketahui terlebih dahulu beberapa alasan yang membuat asuransi jiwa itu begitu penting dan nantinya kalian bisa memilih asuransi jiwa terbaik bagi Kalian.
  

Mengapa Kita memerlukan Asuransi Jiwa ?


1. Sebagai Perlindungan Terhadap Kehilangan Penghasilan bagi Keluarga

Tidak seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi besok, termasuk Kalian. Untuk mengantisipasi kemungkinan Kalian terkena musibah dan meninggalkan keluarga yang Kalian nafkahi untuk selamanya, Kalian perlu membeli polis asuransi jiwa agar keluarga Kalian bisa mendapatkan uang pertanggungan untuk hidup setelah Kalian tinggalkan.

2. Sebagai Perlindungan atas Risiko Meninggal Dunia Akibat Penyakit-Penyakit Penyebab Utama Kematian

Berdasarkan survei yang dilakukan World Health Organization (WHO) pada 2002, 10 penyebab utama kematian di Indonesia adalah jantung koroner, tuberkolosis, kelainan pembuluh darah, penyakit pernafasan, penyakit bayi baru lahir, penyakit paru-paru, kecelakaan lalu-lintas, diabetes, darah tinggi, dan diare. 

Penyakit-penyakit tersebut cukup umum dijumpai, sehingga penting bagi Kalian untuk memiliki perlindungan atas risiko terjangkit penyakit-penyakit tersebut dan meninggal dunia.

3. Salah Satu Cara Menabung atau Persiapan Pensiun

Menabung di asuransi jiwa merupakan pilihan alternatif terbaik untuk kebutuhan jangka panjang Kalian karena sifat pembayaran premi yang teratur, wajib, dan tidak mudah diambil sewaktu-waktu.

Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Terdapat beberapa macam jenis produk asuransi jiwa yang tentunya masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda. Jenis dari Asuransi jiwa ini memilki tujuan untuk melayani berbagai macam kebutuhan, kemampuan, dan daya beli masyarakat. 

Berikut ini beberapa asuransi jiwa yang perlu kalian pertimbangkan ketika menggunakannya :

1. Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)

Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance ini fungsinya untuk memberi proteksi kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu saja. Asuransi jiwa ini terkadang menawarkan kontrak dalam jangka waktu 5, 10, atau 20 tahun, dengan premi tetap dan terhitung murah.

Kalian direkomendasikan memilih asuransi jiwa jenis ini jika Kalian mengutamakan masa depan keluarga Kalian terutama pendidikan anak. Cocok bagi Kalian yang memiliki kebutuhan akan biaya asuransi yang besar namun memiliki kemampuan keuangan yang terbatas.

2. Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)

Asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance yaitu asuransi yang memberikan jaminan perlindungan bagi kalian dalam jangka waktu seumur hidup, meski biasanya perusahaan asuransi membatasi manfaat perlindungan hingga hanya 100 tahun.

Asuransi jiwa ini direkomendasikan bagi Kalian yang tidak punya tanggungan dan menginginkan manfaat yang lebih dari sekadar santunan kematian, atau Kalian tertarik dengan ide tabungan jangka panjang. 

3. Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)

Jenis asuransi jiwa ini merupakan salah satu jenis asuransi yang memiliki dua manfaat, yaitu sebagai asuransi jiwa berjangka sekaligus tabungan.

Artinya Kalian sebagai pemegang polis dapat memperoleh nilai tunai dari premi asuransi yang sudah Kalian bayarkan berupa uang pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia dalam periode tertentu sesuai kebijakan polis asuransi bersangkutan dan juga kalian bisa menarik polis asuransi dalam waktu tertentu sebelum masa kontraknya berakhir.

Asuransi jiwa jenis ini direkomendasikan bagi Kalian yang lebih ingin memastikan ketersediaan dana pendidikan untuk anak, ingin punya dana untuk kebutuhan tak terduga di masa depan, dan ingin punya dana pensiun yang lebih besar.

4. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi jiwa jenis unit link ini menggabungkan beberapa manfaat dari asuransi dengan investasi, dan paling sering ditawarkan oleh agen asuransi. Jika Kalian tertarik berinvestasi namun tidak mengerti tentang investasi dan ingin tetap memastikan jiwa Kalian tetap mendapatkan manfaat perlindungan dari kematian, Kalian bisa memilih jenis asuransi jiwa ini.


Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.