Peralatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Disiapkan Oleh Calon Bunda

Peralatan Bayi Baru Lahir yang Wajib Disiapkan Oleh Calon Bunda
Kalian para calon bunda dan ayah yang sedang menanti lahirnya buah hati, apakah sudah mempersiapkan peralatan bayi baru lahir di rumah? Sebagian besar calon Bunda dan Ayah pasti mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Sayangnya, calon ortu baru seringkali merasa kebingungan hal apa saja hal yang harus dipersiapkan di rumah. Mempersiapakan kelahiran buah hati adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh pasangan pasuntri yang sudah memasuki usia kehamilan tujuh bulan. Persiapan yang dilakukan mencakup dari segi fisik dan psikis baik untuk Bunda ataupun bayinya.

Selain itu hal yang tidak kalah penting yang harus disiapkan yaitu peralatan kebutuhan bayi yang baru lahir. Seorang Bayi yang baru lahir pun membutuhkan banyak sekali pakaian dan juga peralatan lainnya. Nah, agar bunda tidak bingung apa saja yang perlu disiapkan untuk menyambut buah hati berikut kami rangkumkan daftar peralatan bayi baru lahir yang perlu bunda siapakan.

Berikut Rasakan.com akan menyebutkan peralatan apa saja yang perlu kalian siapkan :

1. Kain Bedong

Selembar kain bedong biasanya berukuran 110 cm x 90 cm, lebih lebar lebih baik karena akan memudahakan dalam proses pembedongan. Jumlah kain bedong yang wajib kalian siapkan idealnya sama dengan jumlah popok bayi yang digunakan. Jadi, kalian para calon bunda setidaknya wajib menyiapkan kain bedong sebanyak 2 lusin atau 12 pcs.

Jumlah 2 lusin ini adalah jumlah minimal, kalau memang mempunyai anggaran lebih bisa membeli kain bedong cadangan. Kain bedong ini sangat vital bagi bayi, karena juga memiliki fungsi untuk menjaga suhu bayi tetap selalu hangat.

2. Popok bayi

Popok berfungsi sebagai celana bagi bayi, popok harus segera diganti bila si buah hati sednag pipis ataupun “pup”. Biasanya seorang bayi setiap 2-3 jam sekali akan pipis, apalagi jika kondisi cuaca dingin bisa setiap satu jam sekali pipis.

Oleh karena itulah dalam sehari semalam setidaknya calon bunda harus menyediakan 12 buah (2 lusin) popok. Jadi dalam keseharianya calon bunda bisa menyiapkan 12 buah popok untuk dipakai hari itu dan 12 buah lagi dicuci. Baiknya calon bunda menyediakan setidaknya 3 lusin popok bayi.

3. Gurita Bayi

Meskipun saat ini sebagian dokter dan perawat medis mempunyai larangan dalam penggunaan gurita karena dianggap dapat menganggu sistem pernafasan bayi. Tetapi sebagian kalangan ortu masih mengikuti tradisi lama menggunakan gurita pada bayi menjadi suatu kewajiban.

Penggunaan gurita tidak boleh terlalu ketat dalam mengikat agar tidak terlalu mengganggu pernafasan dan pencernaan bayi. Penggunaan baju bayi memang sudah seharusnya dibicarakan kepada dokter atau konsultan medis yang berkompeten dalam hal bayi dan anak sehingga kesehatan bayi tetap terjaga. Untuk gurita sebaiknya sediakan minimal 12 buah.

4. Kaos Kaki dan Sarung Tangan Bayi

Peralatan bayi baru lahir selanjutnya yaitu kaos kaki dan sarung tangan. Peralatan ini terkadang disepelekan, padahal fungsinya cukup penting untuk menjaga kenyamanan bayi.

Jika kaki bayi anda kedinginan maka bisa membuatnya tidak nyaman dan susah tidur. Oleh karena itulah calon bunda butuh kaos kaki untuk menghangatka si kecil. Sementara itu kaos tangan berfungsi juga untuk selalu menghangatkan bagian telapak tangan bayi.

Selain fungsinya yang digunakan untuk menghangatkan, peralatan kaos tangan juga sebagai pelindung kuku bayi supaya tidak bisa mencakar wajahnya sendiri. Untuk masing-masing persiapkan sebanyak 1 lusin. Calon bunda bisa memilih kaos kaki dan sarung tangan yang memiliki kualitas bagus agar tidak mudah kendor ketika dipakai.

5. Peralatan Mandi Bayi

Peralatan mandi untuk bayi harus benar-benar diperhatikan. Jangan sembarangan dalam memilih sabun atau shampoo yang digunakan, pilihlah produk yang memang khusus dibuat untuk bayi dan anak-anak.

Peralatan mandi yang perlu calon bunda siapkan seperti Bak spesial untuk mandi bayi, sabun mandi berikut dengan shampoo dan juga jangan lupa menyiapkan handuk yang lebut. Peralatan bayi baru lahir untuk mandi harus ditaruh di tempat yang bersih agar tidak terkena kuman.


Kalian yang sedang menanti lahirnya buah hati, sudah mempersiapkan peralatan bayi baru lahir di rumah? Sebagian besar calon Bunda dan Ayah pasti mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Sayangnya, calon ortu baru seringkali merasa kebingungan hal apa saja hal yang harus dipersiapkan di rumah. Mempersiapakan kelahiran buah hati adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh pasangan pasuntri yang sudah memasuki usia kehamilan tujuh bulan. Persiapan yang dilakukan mencakup dari segi fisik dan psikis baik untuk Bunda ataupun bayinya.

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.