air airy airyrooms aksesoris alami aman anak-anak apple asam lambung asuransi asuransi jiwa bajuolahraga bali baumulut bayi belajar berita bisnis blog Bucket bucket bunga buka puasa bumi Bunga Cantik cara cara memulai usaha cepat cianjur cirebon contoh contohmusikjazz cuci DBD dealer demam demam berdarah demo depresi diet difteri domain dosen dunia durian email family Fashion fashionpria favorit Februari food freelance furinitur Gadget Game gantungdiri gaya hidup gejala gejayan generasimaju germas google google pixel 4 google pixel 4 XL goreng habitat handphone hardware helm hewan hidup hidupsehat honda hosting hujan hunian hutan iklim indonesia info Info unik informasi instan interior internet ipad iphone ipode jakarta janin jaringan jazz jeruk nipis jogja Kecantikan kehamilan kendaraan keraton keringat keringat dingin kerja Kesehatan knalpot kue lagu lambung laptop layanan liburan life loadbalancing lubang mahasiswa makanan makassar mayora medan mencuci mengatasi mie mie goreng mieinstan minuman mobil motor mudah musik musikjazz musisi niagahoster obat olahraga oleh oleh otomotif paket wisata jogja pancake pantai pekerjaan Pendidikan penyakit penyanyi Perempuan persiapkan perut polisi polisi dibakar ponsel pria Properti puasa ramadan ramadhan rekening rumah. mewah Scrift unik sehat sepatu sertifikasi server sixpacks smartphone Software sony vaio sosmed sparepart subtropis sumatra utara Surabaya tab tabungan takjil tas taspria teknologi tempat tepat terkini tinggal tips tkj toko bunga toyota travel Traveling trik trombosit tropis tumbuhan Tutorial twitter Umum Unik usaha Valentine vira Wanita web website wisata yahoo yamaha yamaha lexi yogyakarta

Penyebab Suara Ledakan Pada Knalpot Motor Yamaha


Penyebab Suara Ledakan Pada Knalpot Motor Yamaha

Knalpot motor Yamaha menimbulkan suara ledakan mungkin cukup membuat Anda kaget atau heran. Apalagi, saat itu Anda sedang asik menikmati perjalanan yang lengang. Mengapa hal ini bisa terjadi? Tentu saja, pikiran Anda langsung mengarah pada bagian bahan bakar.
Pada kasus seperti ini, sebaiknya Anda tidak mengabaikannya. Sebab, masalah tersebut selain akan mengganggu rasa nyaman Anda saat berkendara juga dapat beresiko pada keamanan Anda. Knalpot yang bermasalah dapat membuat motor tiba-tiba mati. Jika Anda sedang melaju kencang, maka sangat memungkinkan jika motor tersebut terpelanting.

5 Pemicu Knalpot Motor Yamaha Meledak-ledak

Padahal, Knalpot motor Yamaha yang berisik, mengeluarkan suara letupan atau ledakan bisa terjadi karena beberapa penyebab. Berikut beberapa informasi apa saja pemicu dari masalah ini.

1. Choke masih dalam keadaan terbuka
Pemicu yang satu ini cukup kerap terjadi. Anda mungkin lupa untuk menutup choke setelah menghidupkan mesin. Ketika Anda lupa, aliran bensin di bagian karburator akan melimpah menuju ke ruang bahan bakar. Dalam kondisi demikian, pembakaran tidak dapat terjadi dengan sempurna. Sebab, campuran udara dan juga bahan bakar menjadi tidak ideal.

Ketika bahan bakar lebih banyak ketimbang pasokan udara pada bagian tersebut tidak berimbang, maka pembakaran tidak akan berjalan sempurna. Hal ini dapat terjadi jika aliran bensin penuh melimpah. Sehingga, ketika Anda menarik tuas gas, maka akan muncul suara ledakan dari knalpot. Bahkan, mesin motor bisa mrebet, kemudian tersendat dan bahkan mati. Untuk itu, para pengendara motor dianjurkan untuk mengontrol posisi choke yang tepat. Atau, jika sudah menggunakannya harus segera ditutup atau dinonaktifkan.

2. Busi yang bermasalah
Ada beberapa hal yang menjadi penyebab mengapa busi bermasalah. Misalnya, busi bermasalah karena masa pakainya telah habis. Atau, busi menjadi bermasalah karena munculnya banyak kerak. Kerak muncul disebabkan adanya aliran bahan bakar ke ruang yang cukup berlebihan yang disebabkan karena klep yang kurang tepat atau karburator yang rusak.

Akan tetapi, agar tidak salah, maka perlu mengetahui apa saja jenis kotoran pada pagian peranti tersebut. Misal, jika tampak putih dan kering, maka bisa diketahui bahwa bahan bakar yang mengalir dari karburator ternyata sedikit, atau bahkan terlalu irit. Kondisi ini juga tentu mempengaruhi tenaga mesin. Akan tetapi, jika warna yang ditampilkan adalah putih kecokelatan, ini berarti bahan bakar yang mengalir ke ruang bakar mesin tidak bermasalah dan ideal. Namun, jika yang tampak adalah warna hitam sedikit basah, maka dapat diartikan bahwa bahan bakar dari karburator tampak berlebih sampai busi tampak basah. Inilah yang membuat Knalpot motor Yamaha Anda mengeluarkan ledakan.

3. Udara Atau oksigen dalam proses pembakaran tidak ideal
Ya, ini juga menjadi salah satu pemicu mengapa muncul suara ledakan dari knalpot motor Anda. Jika asupan udara tidak sesuai dengan takaran, maka proses pembakaran menjadi kurang sempurna. Ketika motor berakselerasi, kemudian gas dalam posisi semula, dimana putaran mesin rendah dan menciptakan suara ledakan. Untuk itu, penting sekali membersihkan peranti.

4. Karburator
Karburator vacuum menjadi salah satu jenis karburator yang paling banyak dipakai di berbagai merk motor. Pada karburator tersebut, aliran bahan bakar ke bagian ruang bakar mesin sangat bergantung pada performa buka tutup klep karet. Kelenturannya menjadi kunci efekfitifas untuk menyemburkan bahan bakar. Sayangnya, karet sangatlah mudah aus. Jika terkena bahan bakar, maka karet akan berubah keras. Sehingga, tidak lentur lagi dan tidak sebagus sebelumnya dalam pengiriman bahan bakar. Ketika tuas gas dikembalikan di posisi semula, maka dapat menimbulkan suara ledakan.

5. Knalpot Bocor
Suara ledakan keras memang tidk bisa dihindari dalam proses pembakaran. Sebab, saat itu udara dan juga bahan bakar bertemu di ruang bakar dengan tekanan yang tinggi. Campuran tersebut kemudian dibakar dengan percikan api pada busi.
Akan tetapi, knalpot menjadi alat yang akan meredam suara dan membuang gas hasil dari sisa pembakaran. Jika knalpot bocor, maka suara tersebut akan bocor keluar, sehingga terdengar.
Nah, itulah beberapa informasi tentang apa saja yang mungkin terjadi jika Knalpot motor Yamaha anda mrebet, atau juga mengeluarkan suara ledakan.

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.