air airy airyrooms aksesoris alami aman anak-anak apple asuransi asuransi jiwa bajuolahraga bali baumulut bayi belajar berita bisnis blog Bucket bucket bunga buka puasa bumi Bunga Cantik cara cara memulai usaha cepat cianjur cirebon contoh contohmusikjazz cuci dealer demo depresi diet difteri domain dosen dunia durian email family Fashion fashionpria favorit Februari food freelance furinitur Gadget Game gantungdiri gaya hidup gejala gejayan generasimaju google google pixel 4 google pixel 4 XL goreng habitat handphone hardware helm hewan hidup hidupsehat honda hosting hujan hunian hutan iklim indonesia info Info unik informasi instan interior internet ipad iphone ipode jakarta janin jaringan jazz jeruk nipis jogja Kecantikan kehamilan kendaraan keraton kerja Kesehatan knalpot kue lagu laptop layanan liburan life loadbalancing lubang mahasiswa makanan makassar medan mencuci mengatasi mie mie goreng mieinstan minuman mobil motor mudah musik musikjazz musisi niagahoster olahraga oleh oleh otomotif paket wisata jogja pancake pantai pekerjaan Pendidikan penyakit penyanyi Perempuan persiapkan perut polisi polisi dibakar ponsel pria Properti puasa ramadan ramadhan rekening rumah. mewah Scrift unik sehat sepatu sertifikasi server sixpacks smartphone Software sony vaio sosmed sparepart subtropis sumatra utara Surabaya tab tabungan takjil tas taspria teknologi tempat tepat terkini tinggal tips tkj toko bunga toyota travel Traveling trik tropis tumbuhan Tutorial twitter Umum Unik usaha Valentine vira Wanita web website wisata yahoo yamaha yamaha lexi yogyakarta

Server Apple dan Amazon Disusupi China

Baru-baru in terdengar kabar bahwa Perangkat keras yang dipakai di data center Apple dan Amazon disebut disusupi oleh chip mata-mata yang dibuat oleh perusahaan asal China bernama Super Micro.

Ada hampir 30 perusahaan asal Amerika Serikat yang diduga disusupi oleh chip ini. Berdasarkan sumber anonim dari pemerintahan dan perusahaan, chip ini berfungsi untuk mencuri properti intelektual dan rahasia perusahaan ini.

Untungnya, menurut laporan tersebut, belum ada data konsumen yang dicuri, demikian dikutip detikINET dari Bloomberg, Jumat (5/10/2018)

Apple pun tak tinggal diam dan langsung menepis tudingan ini. Menurut perusahaan asal Cupertino, AS ini, mereka tak menemukan chip yang dimaksud. Begitu juga dengan Amazon yang menyatakan tak ada bukti yang mendukung keberadaan chip berbahaya tersebut.

Super Micro, pembuat chip tersebut, juga menepis dugaan kalau mereka memperkenalkan chip tersebut pada masa perakitan. Sementara Kementerian Luar Negeri China menyebut kalau China adalah pendukung utama keamanan cyber.
Ukuran chip dibandingkan dengan pensil.
Ukuran chip dibandingkan dengan pensil. Foto: Bloomberg

Sementara Bloomberg bersikukuh dengan laporannya ini. Mereka menyebut Apple pertama menemukan masalah ini pada Mei 2015, dan diam-diam melaporkannya ke FBI. Kemudian Amazon pun menemukan chip serupa dan melaporkan ke pihak berwajib AS.

Apple kemudian disebut memutus hubungan kerjanya dengan Super Micro pada 2016, yang dilanjutkan dengan investigasi berlanjut yang masih berlangsung sampai saat ini. Tudingan bekerja sama dengan FBI ini sama-sama ditepis oleh Apple dan Amazon.

Baca juga: Situs Telkomsel Di Hack
"Pada masalah ini penjelasan kami adalah: Apple tak pernah menemukan malicious chip, 'manipulasi hardware' atau celah keamanan yang sengaja ditanam di server mana pun. Apple tak pernah berhubungan dengan FBI atau agensi mana pun terkait insiden ini. Kami tak tahu adanya investigasi oleh FBI, atau pun oleh kontak kami di penegak hukum," tulis Apple dalam pernyataannya.

Ini bukan pertama kalinya perusahaan asal China dituding melakukan aksi mata-mata di Amerika Serikat. Sebelumnya ada Huawei dan ZTE yang dituding melakukan aksi serupa.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk di share ya guys. Terima kasih sudah membaca
(sumber:detik.com)
Label: ,

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.