Header Ads

Jenis Makanan Yang Wajib Dihindari Penderita Hipertensi



Bagi yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka untuk mengatasinya selain rutin dalam mengkonsumsi obat anjuran dokter juga dapat dilakukan dengan menghindar berbagai makanan mengandung kalori tinggi. Makanan tinggi kalori bisa mengganggu dalam peredaran darah sehingga resiko yang fatal seperti serangan jantung bisa lebih mungkin terjadi. Dari itu jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sebaiknya diketahui dengan pasti.

Untuk berbagai jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi sebenarnya tidak terlalu banyak, asalkan anda tetap selektif dalam memilih makanan yang sehat. Selain itu dalam jumlahnya juga harus diperhatikan dengan baik, sementara itu untuk berbagai makanan yang sebaiknya dihindari berikut ini diantaranya.
  1. Makanan yang mengandung banyak lemak. Konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak sebaiknya dihindari karena bisa meningkatkan jumlah kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. LDL yang tinggi maka secara otomatis membuat hipertensi menjadi lebih tinggi. Walaupun makanan berlemak ini enak dikonsumsi akan tetapi demi kesehatan sebaiknya dihindari terutama jenis makanan dari daging merah, mentega, kulit ayam, dan susu penuh lemak.
  2. Makanan yang mengandung gula. Konsumsi gula berlebih sebaiknya juga dihindari karena juga bisa berpengaruh akan hipertensi. Selain itu konsumsi gula yang berlebih juga menimbulkan resiko lainnya seperti mengalami obesitas atau berat badan yang terus bertambah. Mereka yang mempunyai berat badan berlebih akan lebih beresiko mengalami hipertensi sehingga lebih baik dihindari atau minimal dikurangi.
  3. Mnum-minuman beralkohol. Selain menyebabkan hipertensi minuman beralkohol juga banyak mendatangkan kerugian untuk tubuh. berbagai macam penyakit akan mudah datang karena minuman beralkohol juga bisa merusak organ dalam tubuh. Dari itu konsumsinya sebaiknya dihindari, terlebih bagi anda seorang muslim yang diharamkan dalam agama Islam.
  4. Konsumsi garam.  Konsumsi makanan tanpa garam mungkin terasa hambar, akan tetapi jika terlalu banyak mengkonsumsi banyak tentu tidak baik juga bagi tubuh. Konsumsi yang tinggi bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi sehingga dapat dengan mudah menyebabkan penyakit jantung.

Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.