Situs Telkomsel di Hack | Rasakan

Situs Telkomsel di Hack

Situs Telkomsel di Hack

Di siang hari yang indah ini ada hal unik yang terjadi. Ketika saya dan kawan-kawan mengikuti pelatihan Oracle Academy Java. Dan kebetulan ketika meluangkan waktu googling. Saya mendapati beberapa keanehan dalam sebuah website terkenal. Website itu tidak lain adalah milik provider terkenal Telkomsel. Aneh memang web sebesar itu bisa di deface dengan mudah. Padahal yang kita ketahui semua Telkomsel merupakan perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi.

Pandangan saya sebagai orang yang bukan profesional IT tapi juga bukan pemula dalam hal IT, suatu kejanggalan dan keanehan itu terjadi dikarenakan lalainya pihak admin website dari situs tersebut. Saya sendiri juga sebagai admin web sekolah tempat saya bekerja. Tetapi saya rutin mengecek web saya baik dari segi server, database, maupun securitynya, walaupun kesannya terlalu berlebihan jika 2 hari sekali saya cek. Tetapi itulah yang terjadi ketika kita lalai akhirnya pihak-pihak yang selama ini kita anggap tidak mungkin masuk ke web kita malah mengambil alih web kita. Yang belum mengenal tentang apa itu Deface (ambil alih website)

Baca Juga : Apa itu Deface Web ?

Deface web sendiri dari pengalaman saya terjadi karena banyaknya vulneribility atau kelemahan-kelemahan yang terjadi ketika server mengalami limit traffic, server yang sedang down atau lupa di patch serta jarang dipantau dan kemungkinan-kemungkinan lain yang diluar kehendak kita. Alangkah baiknya sebuah web dicek baik segi keamanan domain, hosting, maupun database didalamnya. Bagian-bagian mana yang perlu di tambal atau diperbaiki masalah-masalah (bug) dalam web tersebut.

Perhatian pada hal kecil juga sangat penting. Mungkin menurut saya melihat dari pesan orang tersebut atau yang disebut dengan Defacer. Mereka cuma ingin menyampaikan aspirasi dengan masuk secara paksa kedalam situs Provider paling besar di Indonesia tersebut. Cara mereka mungkin salah, tapi dibalik itu secara tidak langsung mereka mengatakan bahwa sehebat apapun sebuah sistem, bisa dirusak juga.

Sampai saya menulis artikel ini, ternyata tidak ada perubahan yang dilakukan oleh admin web tersebut. Apakah terlalu sulit atau memang web tersebut memang minim perhatian. Semoga admin cepat memperbaiki web tersebut dan tidak lagi terulang kejadian ini mengingat Telkomsel adalah perusahan Provider terbesar di Negeri ini dan pesan yang disampaikan tersebut menghina pihak perusahaan. Jadi yang sabar ya, ini ujian. Semoga artikel ini bermanfaat, agar orang-orang bisa menilai mana yang fakta dan mana yang cuma sekedar asumsi agar orang yang awam IT akan mengerti mengapa kejadian serupa terjadi. Sekian dan Jangan lupa Share agar informasi bisa dibaca dan membantu menjaga nama baik Telkomsel sebagai provider yang sering saya pakai. Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Situs Telkomsel di Hack"

Posting Komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.