Smartfren Stop Paket 4G Unlimited


Smartfren Stop Paket 4G Unlimited

Rasakan.com - Operator Telekomunikasi Smartfrenkemungkinan besar tidak akan memperpanjang promosi paket internet 4G tidak terbatas mereka, yakni “True Unlimited”, setelah berakhir pada tanggal 30 April mendatang. 

Di satu sisi, pihak Smartfren mengakui lonjakan penggunaan data 4G sebagai manfaat dari edukasi mengenai tarif yang terjangkau. Namun, mereka mengkhawatirkan penyalahgunaan yang bisa merugikan pelanggan lain secara keseluruhan.

Diungkapkan oleh Roberto Saputra, Head of Brand and Marketing Communication Smartfren, sewaktu ditemui di sela acara lokakarya media di Jakarta, Jumat (18/3), ada dua pilihan yang tersedia yakni memperpanjang atau menghentikan, tapi untuk sementara yang condong dipilih adalah pilihan kedua. 

Langkah selanjutnya yang bakal dilakukan adalah mempersiapkan paket baru sebagai pengganti "True Unlimited" Smartfren

Skenario yang sempat dipertimbangkan adalah menerapkan FUP atau fair usage policy, kebijakan ini memungkinkan pengguna berselancar di internet tanpa batas, tapi dengan kecepatan akses yang dipangkas bila konsumsi data melewati batas tertentu. 

Menurut Roberto, setelah meminta masukan dari para pengguna, skenario di atas tidak digunakan. Smarftren lebih memilih untuk mempersiapkan paket dengan kuota data yang diharapkan bisa menarik minat.

"Saya pastikan para pengguna tetap mendapatkan untung dengan menggunakan paket tersebut. Sosialisasi akan segera dilakukan," ujar Roberto.

Paket True Unlimited sendiri memungkinkan pengguna ponsel dengan jaringan selular Smartfren untuk bisa menggunakan internet tanpa ada batas waktu atau kuota data. 

Untuk pengguna ponsel pintar dengan merek sendiri dari Smartfren, Andromax, pelanggan bisa memperoleh paket ini hanya dengan Rp 75.000 per bulan sementara pengguna dengan ponsel lainnya dikenai harga empat kali lipat.

Diakali

Menurut laporan Smartfren, pengguna 4G di jaringannya mencapai 1,4 juta jiwa pada kuartal IV tahun 2015 dari total pelanggan sebanyak 12 juta jiwa. 

Dari para pengguna 4G, Roberto mengungkapkan bahwa jumlah pengguna paket True Unlimited tercatat sekitar 100.000 orang, tapi layanan tersebut mampu mendongkrak konsumsi data.

"Setiap bulan konsumsi data pengguna True Unlimited rata-rata sekitar 27 gigabyte, artinya setiap hari bisa menghabiskan 1 gigabyte. Bahkan ada pengguna yang bisa mencapai 4 gigabyte (per hari),” katanya.
 
Beberapa pengguna juga diketahui berupaya mengakali ketentuan dari paket ini dengan memindahkan kartu SIM ke perangkat lain seperti mobile WiFI. 

Padahal, True Unlimited saat diperkenalkan memiliki keterbatasan yakni hanya berlaku bila digunakan di dalam ponsel, atau tidak boleh menggunakan layanan peer-to-peer semisal torrent

Untuk pelanggaran tersebut, Smartfren mengirimkan peringatan ke pengguna dan menerapkan sanksi berupa pembatasan kecepatan akses bila hal tersebut dilanjutkan.

Salah satu pertimbangan untuk menghentikan paket True Unlimited adalah menghindari penumpukan jaringan akibat beberapa pengguna yang mengonsumsi data secara berlebihan. 

Hal itu bisa menyebabkan gangguan pada layanan internet untuk pelanggan lain, setidaknya berupa penurunan kecepatan akses.

Promo mudik

Sementara itu, Division Head Smartphone Business Smartfren Sukaca Purwokardjono, menuturkan bahwa perangkat MiFi atau mobile WiFi yang dikeluarkan Smartfren memang tidak bisa mengikuti promo True Unlimited. 

Namun, Smartfren menyiapkan beberapa promosi berupa kuota gratis untuk setiap pengguna yang mengisi ulang.

"Nantinya promosi akan dipusatkan pada mudik Lebaran karena itu momen yang tepat bagi perangkat ini bisa dipergunakan," ujar Sukaca.

Hingga kini Smartfren memiliki tiga varian MiFi yang bisa beroperasi dengan 4G yakni M2S, M2Y, dan M2P. Perangkat ini ditawarkan sebagai alternatif bila pengguna belum berencana untuk beralih ke ponsel dengan layanan 4G tapi ingin menikmati akses internet kecepatan tinggi.

Bila dibandingkan dengan ponsel, komposisi pengguna yang menggunakan MiFI ternyata hampir sama atau separuh-separuh. Sukaca memilih untuk mendorong dua lini produk ini untuk menambah jumlah pelanggan.

Hal serupa dilontarkan Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren. Menurut Munir, pihak Smartfren juga berencana untuk memastikan bahwa ponsel-ponsel 4G Andromax sebelum dua seri terbaru -yakni R2 dan E2- akan bisa memanfaatkan fitur VoLTE atau Voice over Long Term Evolution

VoLTE merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk membuat panggilan telepon di jalur data kecepatan tinggi. Manfaat yang dirasakan tidak hanya soal kejernihan suara karena lebih banyak data yang bisa dikirimkan, pengguna bisa membuat panggilan video dengan lancar.

Dia juga memastikan rencana untuk memungkinkan pengguna MiF membuat panggilan VoLTE melalui aplikasi yang dipasang terpisah. Fitur tersebut rencananya akan dihadirkan tahun ini.

Operator Telekomunikasi Smartfrenkemungkinan besar tidak akan memperpanjang promosi paket internet 4G tidak terbatas mereka, yakni “True Unlimited”, setelah berakhir pada tanggal 30 April mendatang.

Label: ,

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.