Header Ads

Google Doodle Hari Ini Kehilangan Huruf "E"


Rasakan.com — Hari Senin yang lalu (7/3/2016), ada yang unik dari mesin pencari terpopuler didunia. Pada hari itu Google turut merayakan hari lahir ke-80 Georges Perec dengan menampilkan doodle unik pada laman pencariannya. 

Jika pengguna membuka laman pencarian Google, sepintas seperti tidak ada perubahan apa pun. Laman ini tetap menampilkan logo Google seperti biasa.

Namun, selang beberapa detik, huruf "e" yang ada di logo tersebut terhapus lewat sebuah animasi sehingga menyisakan kata berbunyi "Googl".

Jika diklik, mesin pencari Google akan menampilkan hasil pencarian yang terkait dengan seseorang bernama Georges Perec.

Siapakah sebenarnya Georges Perec dan mengapa Google menghilangkan huruf "e" dalam doodle untuk memperingati hari lahirnya?

Perec adalah seorang penulis novel, pembuat film dan dokumenter, serta dikenal gemar membuat karya esai. Lahir pada 7 Maret 1936 di Paris, Perancis, ia merupakan anak satu-satunya dari pasangan Icek Judko dan Cyrla (Schulewicz) Peretz.

Salah satu karya novelnya yang terkenal adalah La Disparition, sebuah karya yang ditulis dalam bahasa Perancis pada tahun 1969. Karyanya kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan diberi judul A Void.

Karya inilah yang menjadi inspirasi Sophie Diao dalam membuat doodle untuk laman utama Google. Alasannya, Perec menuliskan karya La Disparition tanpa pun satu huruf "e" pun di keseluruhan novel tersebut.

Novel La Disparition dalam bahasa selain Inggris pun menghilangkan huruf vokal lain yang paling banyak dipakai dalam bahasa tersebut. Terjemahan novel ini dalam bahasa Spanyol, misalnya, tak memiliki huruf "a", sedangkan terjemahan Rusia ditulis tanpa huruf "o". 

La Disparition sendiri bercerita tentang sekelompok orang yang mencari seorang kawan yang menghilang. Novel ini memadukan genrenoir fiction dan horror fiction.

Selain mahir menulis, Perec juga gemar membuat film. Salah satu karyanya yang dikenal di dunia film adalah Un Homme Quidort. 

Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.