Perbedaan antara Partisi MBR dan GPT

Salam hangat untuk kawan-kawan pencinta gadget dan teknologi. Berkembangnya teknologi mengharuskan kita untuk mencari ilmu ter upadate tentang serba serbi teknologi khususnya Sistem Operasi yang terus berkembang. Saat ini untuk sistem operasi Windows saja sudah begitu banyak generasi dari Win 98 yang saya gunakan pertama kali kenal komputer hingga Windows 10 yang paling terbaru. Berbagai kendala muncul ketika saya ingin menggunakan OS terbaru yaitu pada masalah hardisk yang mengalami Perbedaan antara Partisi MBR dan GPT. Dan ternyata ketika saya masih menggunakan partisi hardisk GPT saya tidak bisa menginstal Windows di Laptop saya.


Perbedaan antara Partisi MBR dan GPT

Bagi kawan-kawan yang belum paham berikut saya jabarkan mengenai perbedaan dari kedua nya yaitu sebagai berikut :


1. MBR disk hanya bisa berisi 4 partisi primary sedangkan GPT disk bisa berisi 128 partisi primary.

2. Jika kamu membutuhkan lebih dari 4 partisi primary, kamu harus membuat partisi extended pada disk MBR dan kemudian kamu harus membuat partisi logical. Sedangkan pada GPT disk tidak ada peraturan atau tatanan seperti itu, kamu bisa bebas mengatur partisi baik primary, extended atau logical.

3. Sektor pertama dan hanya sektor pertama dari MBR disk berisi informasi tentang hardisk, sedangkan GPT disk, informasi tentang hardisk dan partisi diduplicate lebih dari satu sehingga tetap akan bekerja bila sektor satu rusak atau corrupt.

4. MBR disk tidak akan sanggup mengelola storage yang lebih dari 2TB sementara untuk GPT disk tidak memiliki batasan.

5. Semua sistem operasi mendukung MBR disk, sedangkan GPT disk hanya Windows XP 64 bit dan versi Windows yang kompatibel.

6. Untuk dukungan boot, hanya Windows 8 mendukung 32-bit booting, sedangkan versi seperti Windows 7, Windows Vista, Windows 32-bit tidak bisa boot dari GPT disk.

Perbedaan antara Partisi MBR dan GPT

Karena perbedaan itulah terkadang untuk merubah atau mengconvert partisi tersebut, data yang ada di hardisk akan di format dan hilang. Bayangkan ketika kita mempunyai banyak sekali data pribadi maka akan menjadi hal yang sangat menyedihkan. Apalagi data tersebut adalah tugas kantor, foto-foto keluarga, foto kenangan mantan, dll. 

Namun kawan-kawan tidak perlu khawatir karna saya punya solusinya. Kalian bisa menggunakan software seperti dalam postingan saya sebelumnya tentang Convert Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data

Demikian sedikit ilmu yang bisa saya bagikan dan merupakan berdasarkan hasil pengalaman pribadi saya yang terbukti ampuh merubah format membandel GPT menjadi format jadul MBR. Akhirnya saya pun bebas ingin menginstall Sistem Operasi apapun dan lebih pentingnya lagi tidak akan menghapus data-data pribadi saya.
Semoga Bermanfaat.



Saat ini untuk sistem operasi Windows saja sudah begitu banyak generasi dari Win 98 yang saya gunakan pertama kali kenal komputer hingga Windows 10 yang paling terbaru. Berbagai kendala muncul ketika saya ingin menggunakan OS terbaru yaitu pada masalah hardisk yang mengalami Perbedaan antara Partisi MBR dan GPT. Dan ternyata ketika saya masih menggunakan partisi hardisk GPT saya tidak bisa menginstal Windows di Laptop saya.

Label: ,

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.