air airy airyrooms aksesoris alami aman anak-anak apple asuransi asuransi jiwa bajuolahraga bali baumulut bayi belajar berita bisnis blog Bucket bucket bunga buka puasa bumi Bunga Cantik cara cara memulai usaha cepat cianjur cirebon contoh contohmusikjazz cuci dealer demo depresi diet difteri domain dosen dunia durian email family Fashion fashionpria favorit Februari food freelance furinitur Gadget Game gantungdiri gaya hidup gejala gejayan generasimaju google google pixel 4 google pixel 4 XL goreng habitat handphone hardware helm hewan hidup hidupsehat honda hosting hujan hunian hutan iklim indonesia info Info unik informasi instan interior internet ipad iphone ipode jakarta janin jaringan jazz jeruk nipis jogja Kecantikan kehamilan kendaraan keraton kerja Kesehatan knalpot kue lagu laptop layanan liburan life loadbalancing lubang mahasiswa makanan makassar medan mencuci mengatasi mie mie goreng mieinstan minuman mobil motor mudah musik musikjazz musisi niagahoster olahraga oleh oleh otomotif paket wisata jogja pancake pantai pekerjaan Pendidikan penyakit penyanyi Perempuan persiapkan perut polisi polisi dibakar ponsel pria Properti puasa ramadan ramadhan rekening rumah. mewah Scrift unik sehat sepatu sertifikasi server sixpacks smartphone Software sony vaio sosmed sparepart subtropis sumatra utara Surabaya tab tabungan takjil tas taspria teknologi tempat tepat terkini tinggal tips tkj toko bunga toyota travel Traveling trik tropis tumbuhan Tutorial twitter Umum Unik usaha Valentine vira Wanita web website wisata yahoo yamaha yamaha lexi yogyakarta

Modus Penipuan Baru dengan Doa Lewat SMS

Info berikut wajib kawan-kawan tahu sebagi upaya menghindari penipuan yang sekarang marak terjadi dimana-mana dan dalam bentuk apapun termasuk lewat ponsel pribadi kita. Berbagai cara seseorang untuk mendapatkan keuntungan, tak terkecuali dengan cara menyedot pulsa dari ponsel kita. Meskipun penipuan ini sudah lama kita ketahui, namun semakin hari cara-cara penipuan ini berubah-ubah sehingga terkadang kita luput untuk mengenali itu penipuan atau tidak. Modus Penipuan Baru dengan Doa Lewat SMS ini memang sudah tidak asing lagi. Mulai dari SMS “Mama minta pulsa” sampai SMS penipuan undian yang mengatasnamakan perusahaan besar yang sudah dikenal. Kini ada pula penipuan yang membawa-bawa aspek agama.
Ini menjadi pelajaran bagi Anda, untuk tidak sembarangan dalam menyikapi bentuk penipuan, dan lebih berhati-hati, jika tidak mau merugi.
Jangan pernah menjawab “Amin” jika Anda menerima sebuah pesan singkat berupa doa seperti berikut di ponsel Anda.
Pesan ini datang dari salah seorang pemilik akun facebook Harun Widjaja, yang menjadi korban. Dalam akun facebook pribadinya, Harun telah memposting sebuah foto ponsel blackberry miliknya yang dikirimkan pesan berisi sebuah doa.
Isi dari postingan SMS penipuan seperti yang dikutip dari johanesekajaya.com tersebut seperti berikut :
Dalam keterangan foto postingannya, ia menulis:
“Hati-hati sekarang ada modus kirim sms dari nomor hp tak dikenal berupa doa. Sehingga kita akan mengaminkan alias balas sms.
Kalau kita balas maka nomor hp kita akan kena reg sehingga pulsa otomatis terpotong tiap hari, bisa terpotong sampai 100 ribu. Yang pasca bayar bisa bangkrut. Kalau sudah kena reg sms ini ga bisa di unreg. Terpaksa ganti nomor.
Dulu modus kasih nomor akun bank atau say hai. Rupanya sudah tidak mempan. Mereka sekarang kirim doa.

Contoh sms Doa: “Ya Allah, semoga yg mempunyai hp ini & keluarganya selalu dalam Kasih Sayang Mu, diberkahi rejekinya & dijauhkan dari mara bahaya”, jawab Amin jika Anda berkenan.
Yg aneh mereka minta diaminkan. Hati-hati lah kalo gak mau nyumbang penjahat…”
Bentuk penipuan lainnya adalah, SMS meminta zakat, seperti dilansir Kompas.com.
Belakangan beredar pesan singkat atau SMS yang mengaku-ngaku dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan meminta sejumlah uang sebagai zakat. Di dalam SMS tersebut, disampaikan bahwa masyarakat memiliki kewajiban untuk berzakat dan disertakan nomor rekening untuk ditransfer.
Pihak Baznas sendiri telah mendapat kabar tersebut. Bagian Humas Baznas, Ndari Rumi Widyawati, membantah pesan singkat itu berasal dari Baznas.
“Itu penipuan. Kami sudah umumkan juga kalau itu penipuan. Sekarang lagi diurus proses hukumnya,” kata Rumi.
Rumi mengingatkan agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan praktik penipuan seperti itu. Jika ingin berzakat, masyarakat bisa memanfaatkan sejumlah fasilitas yang disediakan oleh Baznas atau langsung datang ke kantor Baznas.
Isi SMS yang mengatasnamakan Baznas meminta zakat menyertakan nomor rekening Bank Danamon atas nama Sofyan Rahman dengan nomor rekening 0035 2298 7084. Di bagian akhir SMS, juga ditulis kata “BAZNAS”.
Sementara itu, Anda juga harus memahami bentuk SMS penipuan undian. Seperti dijelaskan oleh Vice President Corporate Communication Telkomsel. Adita Irawati.
“Biasanya penipuan SMS itu menggunakan (domain) situs gratisan, seperti Blogspot dan sejenisnya,” Adita Irawati.
“Yang resmi dari Telkomsel menggunakan website official, alamatnya pasti Telkomsel.com,” imbuh wanita yang kerap disapa Dita itu.
Karena itu, Dita pun mengajak pelanggan untuk lebih jeli dengan SMS-SMS penipuan yang marak beredar. “Kalau menjumpai seperti itu (SMS penipuan), pelanggan hanya punya dua pilihan, hiraukan atau laporkan,” katanya.
Telkomsel sendiri menurut Dita tidak menutup mata atas aksi SMS penipuan yang kadang juga mencatut nama. Operator tersebut menurut Dita telah melakukan beberapa tindakan pencegahan, seperti filtering SMS.
“Kita biasanya melihat polanya, kalau jumlahnya (SMS yang dikirim) banyak baru kita melakukan tindakan blokir,” ujar Dita.
Selain itu, Telkomsel juga telah melakukan upaya filtering SMS berdasar kalimat atau kata yang sering digunakan. Kata-kata tersebut dimasukkan ke mekanisme sistem Telkomsel untuk diblokir.
Semoga dengan membaca artikel ini sobat ku sekalian yang pernah merasakan penipuan bisa terhindar dari penipuan modus lain dan semoga informasi ini bisa meminimalisir bentuk penipuan di sekitar kita.
Label: ,

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.