air airy airyrooms aksesoris alami aman anak-anak apple asuransi asuransi jiwa bajuolahraga bali baumulut bayi belajar berita bisnis blog Bucket bucket bunga buka puasa bumi Bunga Cantik cara cara memulai usaha cepat cianjur cirebon contoh contohmusikjazz cuci dealer demo depresi diet difteri domain dosen dunia durian email family Fashion fashionpria favorit Februari food freelance furinitur Gadget Game gantungdiri gaya hidup gejala gejayan generasimaju google google pixel 4 google pixel 4 XL goreng habitat handphone hardware helm hewan hidup hidupsehat honda hosting hujan hunian hutan iklim indonesia info Info unik informasi instan interior internet ipad iphone ipode jakarta janin jaringan jazz jeruk nipis jogja Kecantikan kehamilan kendaraan keraton kerja Kesehatan knalpot kue lagu laptop layanan liburan life loadbalancing lubang mahasiswa makanan makassar medan mencuci mengatasi mie mie goreng mieinstan minuman mobil motor mudah musik musikjazz musisi niagahoster olahraga oleh oleh otomotif paket wisata jogja pancake pantai pekerjaan Pendidikan penyakit penyanyi Perempuan persiapkan perut polisi polisi dibakar ponsel pria Properti puasa ramadan ramadhan rekening rumah. mewah Scrift unik sehat sepatu sertifikasi server sixpacks smartphone Software sony vaio sosmed sparepart subtropis sumatra utara Surabaya tab tabungan takjil tas taspria teknologi tempat tepat terkini tinggal tips tkj toko bunga toyota travel Traveling trik tropis tumbuhan Tutorial twitter Umum Unik usaha Valentine vira Wanita web website wisata yahoo yamaha yamaha lexi yogyakarta

Cara Convert Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data

Buat kalian para teknisi komputer atau kawan-kawan yang hobi utak-atik laptop atau komputer dan sering melakukan instalasi windows mungkin pernah mengalami kejadian dimana Windows 8 tidak bisa diinstall di Harddisk dengan pesan kesalahan "Windows cannot be installed on this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only" .

Convert Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data


Hal ini terjadi karena Windows 8 mempunyai teknologi terbaru dalam mem-format Harddisk dimana salah satu kehandalannya adalah dengan format GPT, tidak ada Operating System lain yang bisa berjalan kecuali hanya Windows 8. Hal ini mengakibatkan Harddisk tidak bisa dibuat menjadi Dual Boot. Silahkan kunjungi halaman berikut untuk lebih jelas mengenai Perbedaan antara Partisi MBR dan GPT

Solusi yang pertama untuk masalah diatas adalah dengan menghapus semua partisi dan memformatnya dengan format GPT. Hal ini mengakibatkan semua data akan hilang di dalam harddisk. 

Solusi kedua adalah melakukan convert / konversi dari GPT ke MBR atau dari MBR ke GPT melalui software third party. Software tersebut bernama Aomei Partition Assistant. Namun Software tersebut harus dijalankan melalui bootable CD atau bootable USB Flashdisk. 

Setelah melakukan download file iso Aomei Partition Asisstant, silakan diburning ke CD kosong, lalu boot laptop / komputer ke CD / USB. Setelah itu, akan muncul tampilan windows mini dan jalankan software Aomei Partition Assistan di dalamnya. Lalu cara untuk convert adalah sebagai berikut :

1. Setelah software Aomei terbuka, seleksi harddisk yang akan dilakukan konversi. 

2. Klik kanan, lalu pilih Convert to GPT Disk. Jika Harddisk tersebut berformat GPT maka yang muncul adalah Convert to MBR disk.

Convert Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data

3. Klik OK untuk mengkonfirmasi perubahan

Convert Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data

4. Untuk menyimpan perubahan, klik Apply dan proses konversi akan berlangsung kurang dari satu menit.
Convert Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data

5. Jangan mengutak - atik software selama proses konversi berlangsung agar tidak ada kerusakan data. Pastikan juga pasokan listrik terjaga.

6. Setelah itu, restart laptop / komputer dan silakan mencoba untuk menginstall Windows 8.

Sedikit info lagi. Bagi kawan-kawan yang ingin software ini menjadi bootable atau image ISO. Silahkan klik "Make Bootable Media" pada Tab Wizard di sebelah kiri. Semoga bermanfaat.
Label: ,

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.