Cara Convert Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data

Buat kalian para teknisi komputer atau kawan-kawan yang hobi utak-atik laptop atau komputer dan sering melakukan instalasi windows mungkin pernah mengalami kejadian dimana Windows 8 tidak bisa diinstall di Harddisk dengan pesan kesalahan "Windows cannot be installed on this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only" .

Convert Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data


Hal ini terjadi karena Windows 8 mempunyai teknologi terbaru dalam mem-format Harddisk dimana salah satu kehandalannya adalah dengan format GPT, tidak ada Operating System lain yang bisa berjalan kecuali hanya Windows 8. Hal ini mengakibatkan Harddisk tidak bisa dibuat menjadi Dual Boot. Silahkan kunjungi halaman berikut untuk lebih jelas mengenai Perbedaan antara Partisi MBR dan GPT

Solusi yang pertama untuk masalah diatas adalah dengan menghapus semua partisi dan memformatnya dengan format GPT. Hal ini mengakibatkan semua data akan hilang di dalam harddisk. 

Solusi kedua adalah melakukan convert / konversi dari GPT ke MBR atau dari MBR ke GPT melalui software third party. Software tersebut bernama Aomei Partition Assistant. Namun Software tersebut harus dijalankan melalui bootable CD atau bootable USB Flashdisk. 

Setelah melakukan download file iso Aomei Partition Asisstant, silakan diburning ke CD kosong, lalu boot laptop / komputer ke CD / USB. Setelah itu, akan muncul tampilan windows mini dan jalankan software Aomei Partition Assistan di dalamnya. Lalu cara untuk convert adalah sebagai berikut :

1. Setelah software Aomei terbuka, seleksi harddisk yang akan dilakukan konversi. 

2. Klik kanan, lalu pilih Convert to GPT Disk. Jika Harddisk tersebut berformat GPT maka yang muncul adalah Convert to MBR disk.

Convert Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data

3. Klik OK untuk mengkonfirmasi perubahan

Convert Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data

4. Untuk menyimpan perubahan, klik Apply dan proses konversi akan berlangsung kurang dari satu menit.
Convert Partisi Hardisk Tanpa Menghapus Data

5. Jangan mengutak - atik software selama proses konversi berlangsung agar tidak ada kerusakan data. Pastikan juga pasokan listrik terjaga.

6. Setelah itu, restart laptop / komputer dan silakan mencoba untuk menginstall Windows 8.

Sedikit info lagi. Bagi kawan-kawan yang ingin software ini menjadi bootable atau image ISO. Silahkan klik "Make Bootable Media" pada Tab Wizard di sebelah kiri. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel