Tips Memperbaiki Baterai yang Kembung


Di zaman modern sekarang keperluan akan gadget sudah banyak merasuki berbagai kalangan. Dari yang tua sampai yang muda bahkan anak SD sekalipun sudah memiliki gadgetnya masing-masing. Disamping itu keperluan sumber daya dari gadget itupun semakin berkembang. Sekarang banyak jenis baterai Smartphone khususnya yang mengalami perkembangan dan teknologi yang modern. Tetapi terkadang ada beberapa jenis baterai yang mengalami penurunan performa bahkan kerusakan semacam kembung, drop, dsb. Hal itu dikarenakan pemakaian yang berlebihan, pemakaian charger yang tidak sesuai, waktu pengecesan yang terlalu lama, dll. Kali ini saya akan mengulas salah satu penyakit baterai yang mungkin pernah kalian alami, yaitu baterai kembung dan cara memperbaikinya.

Simak beberapa tips berikut (sampel dengan baterai HP BB Onix 9700) :

1. Cek baterai kembung dengan sekilas melihat atau memutar baterai di tempat yang datar. Apabila lancar berputar maka sudah dipastikan baterai itu kembung. Dan bisa dicek menggunakan desktop charger dan lihat indikator nya.
Tips Memperbaiki Baterai yang Kembung Tips Memperbaiki Baterai yang Kembung


2. Masukkan baterai ke palstik kedap udara. Bisa juga menggunakan plastic clip.

Tips Memperbaiki Baterai yang Kembung








3. Masukkan baterai yang sudah di bungkus plastik tadi ke dalam freezer lemari es dan diamkan minimal 24 jam.

Tips Memperbaiki Baterai yang Kembung








4. Setelah 24 jam ambil kembali baterai dari kulkas, keluarkan baterai dari plastik. Baterai akan berada dalam kondisi yang lembab. Untuk itu bersihkan sisa-sisa butiran es dan embun yang mungkin sedikit menempel dengan lap kering atau tissue.

Tips Memperbaiki Baterai yang Kembung








5. Kalau langkah di atas sudah. Kemudian cek kembali baterai dengan memutarnya bolak-balik pada permukaan yang datar untuk menandakan baterai tidak kembung, maka baterai tidak berputar bebas. Dan jangan langsung dipakai tetapi charge baterai tersebut menggunakan desktop charger (jangan langsung di HP)

Tips Memperbaiki Baterai yang Kembung Tips Memperbaiki Baterai yang Kembung



6. Bila sudah penuh masukkan kembali baterai kedalam HP, nyalakan HP anda dan lihat hasilnya. Baterai akan bekerja dengan normal kembali.

Tips Memperbaiki Baterai yang Kembung








Cara di atas bagi sebagian orang mungkin agak sedikit ekstrim, tetapi kemungkinan suksesnya 90% berhasil dan banyak kawan-kawan yang sudah mencoba. Jadi semua kembali pada keputusan anda mau mencoba atau membeli baterai original yang harganya dipastikan tidak murah.
Itulah tips memperbaki baterai HP yang rusak dan simak berbagai tips lain yang akan saya bagikan di blog ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel