Header Ads

Kenali Bahaya Dari Penyakit gagal Jantung

Kenali Bahaya Dari Penyakit gagal Jantung


Penyakit gagal jantung atau heart failure sering disebut juga sebagi gagal jantung kongestif. Bahaya dari penyakit gagal jantung bisa menyerang siapa saja, terlebih bagi orang dengan rentang usia 65 tahun keatas.

Biasanya muncul beberapa gejala seperti sesak nafas, mudah lelah, ada pembengkakan di kaki dan juga tangan. Namun, gejala ini terjadi secara bertahap.

Pada orang normal, kondisi jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh terus menerus, meskipun anda sedang tidur atau beraktifitas. Jantung manusia terdiri dari empat bilik, dua bilik atas disebut atrium, dua bilik bawah disebut ventrikel.

Tanda Dan Gejala Gagal Jantung

Salah satu penyakit yang banyak dialami adalah gagal jantung. Penyakit ini bisa menyerang diusia berapa saja, tapi seiring bertambahnya umur tingkat resikonya akan semakin besar. Sebelum anda mengalami penyakit ini, kenali beberapa tanda dan gejala gagal jantung ini.

·         Kesulitan Bernafas

·         Tubuh merasa Lelah

·         Bengkak di beberapa bagian tubuh

·         Pusing

·         Sering buang air kecil dimalam hari

·         Jantung berdebar/palpitasi

·         Btuk kering

·         Perut kembung dan mual

·         Merasa bingung/tidak bisa bisa mengenali sekitar

Jika anda mengalami beberapa gejala diatas, itu merupakan salah satu gejala gagal jantung. Segeralah berkonsultasi dan cek kondisi anda dengan dokter jika anda sudah memahami bahaya dari penyakit gagal jantung.

Penyebab Dan Faktor Risiko Gagal Jantung

Gagal jantung tidak memandang jenis kelamin, umur dan ras, siapapun bisa terserang penyakit ini. Bahaya dari penyakit gagal jantung bisa dilihat dari penyebab gagal jantung dan faktor-faktor yang bisa meningkatkan risiko orang terkena gagal jantung secara umum.

Berikut beberapa penyebab gagal jantung yang bisa anda kenali:

·         Serangan jantung

·         Penyakit jantung coroner

·         Hipertensi/tekanan darah tinggi

·         Kelainan katup jantung

·         Diabetes

·         Masalah pada otot jantung

·         Penyakit pada paru-paru

Selain beberapa penyebab gagal jantung diatas, ada pula beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena gagal jantung. Diantaranya adalah:

·         Usia

·         Kelamin

·         Obesitas

·         Diabetes

·         Pola hidup yang tidak sehat

·         Menderita hipertensi

·         Memiliki masalah atau penyakit pada jantung

·         Menjalani pengobatan tertentu

Pencegahan dan mengobati gagal jantung

Dengan anda mengetahui gejalanya, anda bisa lebih waspada dan menjaga kesehatan anda. Jika anda sudah mengetahui gejala, penyebab, faktor dan bahaya dari penyakit gagal jantung, anda harus lebih menjaga kondisi tubuh anda. Salah satunya adalah dengan malakukan pencegahan.

Pencegahan

Pencegahan gagal jantung bisa anda lakukan dengan melakukan tips berikut ini:

1. Rajin Berolahraga

Dengan rajin berolahraga, tubuh anda akan terbiasa untk melakukan aktifitas. Sehingga jantung anda akan terbiasa memompa darah ke seluruh tubuh dan aliran darah menjadi lancar karena aktifitas anda.

2. Menjaga Pola Hidup Sehat

Mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang adalah cara untuk menjaga pola hidup sehat. Asupan makanan yang dikonsumsi tidak boleh berlebihan. Batasi asupan garam, gula hingga lemak jenuh. Kelebihan hal tersebut akan menyebabkan kolestrol naik.

3. Menjaga Berat Badan

Obesitas adalah salah satu faktor penyebab gagal jantung. Dengan menjaga asupan makanan, anda juga pasti akan menjaga berat anda. Karena tidak sembarang makanan yanag akan anda konsumsi.

4. Berhenti Merokok dan Kurangi Alkohol

Salah satu faktor yang sering dijumpai penderita gagal jantung adalah kebiasaan merokok dan meminum alkohol. Bagi anda yang masih merokok dan minum alkohol, sebaiknya dihentikan, setelah anda mengetahui bahaya dari penyakit gagal jantung ini.

5. Cek Kolestrol Rutin

Mengecek kadar kolestrol saat masih dalam keadaan sehat sangat disarankan. Selain kolestrol, tekanan darah juga harus anda cek sebagai bentuk anda menjaga Kesehatan anda dari gagal jantung.

Mengobati Gagal Jantung

Sampai saat ini belum ditemukan cara atau obat yang bisa mengobati gagal jantung bagi pengidapnya. Selain obat-obatan, menjalani operasi, pasang alat penopang jantung dan menjaga pola hidup sehat masih menjadi bentuk penanganan dari gagal jantung.

Obat-obatan yang diresepkan dokter biasanya adalah dopamin, Inotropik, Antagonis algosteron, Pil diuretic, Beta blockers dan masih banyak lagi. Selain ini juga bisa dilakukan prosedur operasi untuk mengobati gagal jantung, salah satunya dengan operasi bypass jantung.  

Kesimpulan

Setalah anda membaca artikel ini, anda harus memulai pola hidup sehat sebagi langkah utama untuk pencegahan gagal jantung. Dengan menjalani hidup sehat, tubuh dan jantung anda akan sehat karena asupan yang dikonsumsi dan aktifitas yang anda lakukan.

Selain mejaga pola hidup sehat, rutin ke dokter juga sebagai bentuk pencegahan gagal jantung. Jadi, bagi anda yang sudah mengetahui bahaya dari penyakit gagal jantung ini, mulailah hidup sehat. Karena menjadi sehat itu mahal harganya.


Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.