air airy airyrooms aksesoris alami aman anak-anak apple asuransi asuransi jiwa bajuolahraga bali baumulut bayi belajar berita bisnis blog Bucket bucket bunga buka puasa bumi Bunga Cantik cara cara memulai usaha cepat cianjur cirebon contoh contohmusikjazz cuci dealer demo depresi diet difteri domain dosen dunia durian email family Fashion fashionpria favorit Februari food freelance furinitur Gadget Game gantungdiri gaya hidup gejala gejayan generasimaju google google pixel 4 google pixel 4 XL goreng habitat handphone hardware helm hewan hidup hidupsehat honda hosting hujan hunian hutan iklim indonesia info Info unik informasi instan interior internet ipad iphone ipode jakarta janin jaringan jazz jeruk nipis Kecantikan kehamilan kendaraan keraton kerja Kesehatan knalpot kue lagu laptop liburan life loadbalancing lubang mahasiswa makanan makassar medan mencuci mengatasi mie mie goreng mieinstan minuman mobil motor mudah musik musikjazz musisi niagahoster olahraga oleh oleh otomotif pancake pantai pekerjaan Pendidikan penyakit penyanyi Perempuan persiapkan perut polisi polisi dibakar ponsel pria Properti puasa ramadan ramadhan rekening rumah. mewah Scrift unik sehat sepatu sertifikasi server sixpacks smartphone Software sony vaio sosmed sparepart subtropis sumatra utara Surabaya tab tabungan takjil tas taspria teknologi tempat tepat terkini tinggal tips tkj toko bunga toyota travel Traveling trik tropis tumbuhan Tutorial twitter Umum Unik usaha Valentine vira Wanita web website wisata yahoo yamaha yamaha lexi

Kenali Lebih Dini Penyakit Difteri


penyakit difteri

Kebanyakan dari masyarakat kita di indonesia tidak mengenal penyakit ini, padahal diferi ini sangat sering ditemui di negara-negara yang berkembang seperti  negara kita tercinta indonesia, mungkin dikarena kurang nya pengetahuan dan informasi tentang kesehatan kepada masyarakat indonesia yang membuat kebanyakan dari mereka tidak mengetahui apa itu penyakit difteri.
Karena kebanyakan dari masyarakat indonesia kurang mengetahui apa itu penyakit difteri, tidak jarang si penderita tersebut datang kepelayanan kesehatan hanya karena mungkin dianggap sakit biasa saja padahal saat itu penyakitnya sudah sangat parah sekali atau bahkan sulit sekali untuk disembuhkan lagi dan juga harapan hidup juga sangat lah tipis.

Apa lagi seperti negara kita indonesia ini angka untuk vaksinasi lengkap bayi dan anak-anak sangat rendah hal ini lah yang menyebabkan virus dan bakteri mudah sekali menghinggapi tubuh manusia dan menyerang system pertahanan tubuh.
Dan juga sekarang sangat jarang sekali dilakukan penyuluhan tentang kesehatan dan penyakit difteri ini ke masyarakat dan tak heran kenapa masyarakat banyak yang tidak mengenal atau mengetahui penyakit difteri ini apa lagi pada masyarakat yang tinggal nya di pinggiran ibu kota pasti lah sangat kurang mendapatkan informasi kesahata dan tentang penyakit difteri ini.

Nah buat teman-teman sebelum semuanya terlambat alangkah baik nya kita semua sebagai masyarakat indonesia  mengenal dan mengetahui lebih dalam lagi apa sih penyakit difteri ini, bagaimana peyakit ini bisa muncul dan menyerang  tubuh manusia agar kelak nantinya jikalau sanak saudara atau orang-orang terdekat kita memiliki tanda dan gejala yang muncul pada mereka agar bisa sesegera membawa mereka ke pusat pelayanan kesehatan terdekat secepat mungkin.

Apasih Difteri ?
Difteri adalah merupakan salah satu penyakit  infeksi yang sangat menular. Penyakit difteri ini disebabkan oleh salah satu bakteri yang bernama Corynebacterium Diphtheriae, yaitu suatu kuman yang menginfeksi saluran-saluran pernafasan, yang paling dominan terinfeksi adalah bagian tonsil, nasofaring (suatu bagian antara hidung dan faring yang biasanya di sebut tenggorokan) dan bagian laring. Jikalau sudah sangat parah infeksi bakteri ini bisa menyebar ke organ-organ tubuh yang lainnya seperti contohnya jantung , system persyarafan, dan juga bisa menyebar ke daerah kuit. Bakteri ini sangat lah berbahaya sekali jika sudah menyerang kebagian organ-organ tubuh penting  manusia karena berdamapak sangat fatal yaitu bisa menyebabkan kematian.
Penyakit difteri ini biasanya diderita oleh anak-anak usia di bawah 15 tahun, difteri merupakan penyebab kematian bayi dan anak-anak muda di negara-negara berkembang. Penyakit ini sangat sering di temukan pada daerah-daerah yang padat penduduk dengan tingkat sirkulasi udara yang sangat rendah.

penyakit difteri
Bagaiamana sih difteri bisa menular ?
Penyakit ini menular dengan cara melalui lingkungan yang kotor tak terjaga kebersihannya, tingkat sirkulasi udara yang rendah, selalu kontak dengan orang yang terserang peyakit difteri, melalui udara, melalui batuk, bersih nya penderita , dan juga penderita yang akan sembuh dari difteri.
Apa saja sih tanda dan gejala yang muncul jika terserang difteri ini ?
Difteri memiliki masa inkubasi sekitar 2-7 hari. Umumnya pasien datang ke pelayanan kesehatan untuk berobat dengan keluhan yang umum saja seperti demam, sakit kepala, lesu, dan biasa nya di sertai dengan gejala yang sangat khas seperti flu, nyeri saat menelan, dan sulit untuk bernafas. Tanda yang khas dari difteri ini adalah tenggorokan dilapisi selaput berwarna abu-abu, radang pada tenggorokan, pembengkakkan pada bagian leher, sulit bernafas dan menelan, demam, batuk, dan tanda schok seperi pucat, berkeringat dingin dan jantung bedetak sangat cepat. Jika kalian merasakan tanda gejala diatas segara ke pelayanan kesehatan terdekat.

Bagaimana cara mencegah dan mengobati nya ?
Cara mencegahnya adalah harus imunisasi lengkap sedini mungkin, menjaga lingkungan sekitar tetap bersih, selalu menjaga kesehatan dan yang terpenting selalu dengan pola hidup sehat. Cara mengobatinya adalah sesegera mungkin pergi kepelayanan kesehatan terdekat jika muncul tanda dan gejala yang di rasakan agar segera mungkin diberikan pengobatan efektiv dan cepat.

Semoga bermanfaat informasi yang diberikan dan tetap selalu hidup sehat. Jangan lupa share postingan ini agar bermanfaat juga buat kerabat keluarga dan orang-orang disekitar kita. Terima kasih sudah membaca.

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.