-->

Intip 5 Fungsi Keringat yang Menyehatkan Tubuh

Intip 5 Fungsi Keringat yang Menyehatkan Tubuh


Keringat sering kali muncul ketika kita sudah melakukan aktivitas berat. Namun, tahukah Anda apa saja sebenarnya fungsi keringat? Banyak orang beranggapan bahwa keringat  berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar normal.

Namun, sebetulnya fungsinya tidak hanya itu saja. Ada beberapa fungsi dari keringat yang banyak orang belum mengetahuinya. Keringat itu sendiri merupakan cairan yang keluar dari dalam tubuh yang terdiri dari kandungan lemak, air, dan garam.

Terkadang berkeringat menjadi hal yang tidak disukai bagi sebagian orang karena dapat mengganggu penampilan. Meskipun demikian, ada sejumlah fungsi dari keringat yang perlu diketahui.

Apa Saja Fungsi dari Keringat?

Setiap orang mempunyai kapasitasnya sendiri untuk mengeluarkan keringat. Ada orang yang hanya mengeluarkan sedikit keringat ketika sudah beraktivitas berat, tetapi ada juga yang berkeringat banyak meski hanya melakukan aktivitas ringan.

Namun, setiap orang akan merasakan fungsi keringat yang sama. Yaitu:

1. Menjaga Suhu Tubuh

Suhu tubuh dapat berubah-ubah setiap waktu. Perubahan suhu tubuh ini disebabkan dari aktivitas yang dilakukan dan juga menyesuaikan dengan cuaca di sekitar. Ketika cuaca di sekitar panas maka suhu tubuh juga bisa meningkat hingga panas.

Nah, untuk menjaga suhu tubuh agar tetap normal, maka tubuh mengeluarkan keringat. Jika peningkatan suhu tubuh tidak terlalu cepat, tubuh akan segera mengeluarkan keringat untuk menurunkan suhu.

Sementara itu, ketika suhu tubuh meningkat secara drastis dan dalam waktu yang cepat maka tubuh tidak hanya mengeluarkan keringat. Seseorang bisa muntah dan pingsan jika mengalami peningkatan suhu tubuh dalam waktu cepat.

2. Membuang Racun dari Dalam Tubuh

Salah satu fungsi utama jaringan yaitu untuk membuang racun dari dalam tubuh. Pada umumnya tubuh akan membuang racun dengan mengeluarkan feses dan urin. Namun ternyata racun juga bisa dikeluarkan dari keringat.

Banyak orang beranggapan bahwa salah satu penyebab bau dari keringat yaitu karena racun yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Padahal sebetulnya keringat sama sekali tidak berbau.

Bau tersebut justru muncul dikarenakan adanya bakteri di kulit dan pori-pori. Jadi, racun tubuh yang dikeluarkan melalui keringat sama sekali tidak mengeluarkan bau.

3. Melumasi Kulit

Keluarnya keringat dari dalam tubuh juga dapat berfungsi untuk melumasi kulit. Dalam cuaca panas yang bisa menyebabkan kulit kering, tubuh pasti berusaha mengeluarkan keringat agar kulit tidak mengalami kekeringan.

Kulit yang kekeringan akan mudah iritasi hingga menyebabkan alergi. Oleh karena itu, biarkanlah tubuh mengeluarkan keringat secara alami. Setelah berkeringat, mandi hingga bersih untuk menghilangkan bau tidak sedap.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Berkeringat juga ternyata bisa meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini dikarenakan irama detak jantung yang meningkat ketika tubuh berusaha mengeluarkan keringat. Ketika detak jantung meningkat, peredaran darah dalam tubuh akan bekerja optimal.

5. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Oleh karena itu, kesehatan ginjal harus dijaga karena ancaman penyakit seperti batu ginjal bisa membuat penderitanya menderita.

Orang yang mengalami kelainan pada ginjal harus melakukan cuci darah secara rutin. Dengan berkeringat, risiko terkena penyakit tubuh akan berkurang.

Sebab, keringat yang keluar mengangkut garam dalam tubuh sehingga tidak akan terjadi penumpukan garam. Garam yang menumpuk inilah bisa mengakibatkan seseorang terkena penyakit ginjal.

Itulah 5 fungsi keringat bagi tubuh. Meskipun keringat seringkali membuat jengkel karena berbau tidak sedap, tetapi kita harus bersyukur ketika berkeringat. Hal ini mengingat fungsi dari keringat itu sendiri yang dapat menyehatkan tubuh.


LihatTutupKomentar