-->

Lakukan Gerakan Yoga Umum! Raih Body Mempesona

Lakukan Gerakan Yoga Umum! Raih Body Mempesona

Menginginkan tubuh proporsional, ternyata bisa diperoleh dengan mudah. Gerakan yoga umum menjadi solusi bijak khususnya bagi kaum wanita yang takut mengalami penggemukan. Solusi bijak ini, akan lebih baik bila dikerjakan masal bersama anggota keluarga lainnya.

Yoga memang baik dikerjakan dengan adanya guru pendamping. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan secara cara mandiri tanpa adanya guru pendamping. Melainkan hanya bermodalkan video tutorial saja. Berikut gerakan dasar yang bisa dipakai;

1. Pose Pohon (Tree Pose)

Gerakan yoga umum yang bisa dilakukan adalah dengan berdiri di atas 1 kaki. Gerakan ini bisa dilakukan untuk wanita maupun pria, Anda hanya perlu menjaga keseimbangan dan fokus terhadap alunan yang mengiringi yoga.

Gerakan ini sangatlah cocok untuk pemula karena tidak memerlukan keterampilan khusus. Asalkan Anda konsisten dan fokus terhadap apa yang Anda lakukan maka juga ini akan bermanfaat sangat bagus bagi tubuh bagian bawah terutama untuk kaki.

Bila Anda melakukan pose pohon, jangan lupa juga untuk melakukan gerakan yang sama pada bagian kaki lainnya secara bergantian. Dengan begitu, nantinya Anda akan mendapatkan kaki yang kuat dengan gerakan yoga yang sederhana.

2. Cium Lantai Ala-ala (Downward Facing Dog)

Pertambahan usia terkadang juga membuat beberapa bagian dari tubuh menjadi lemah. Makanya, sangat dianjurkan untuk melakukan gerakan yoga terutama bagi wanita yang menginginkan memiliki area V yang indah.

Selain baik untuk area V, punggung Anda juga akan dilatih kelenturannya dengan melakukan gerakan dasar ini. Anda wajib melakukan gerakan ini secara teratur, agar terhindar dari pusing akibat posisi yang salah.

Hal yang perlu Anda garis bawahi ketika melakukan downward facing dog adalah posisi jantung dan kepala. Gerakan ini memang baik dilakukan, tetapi tidak terlalu direkomendasikan bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah karena bisa membuat Anda pusing seketika.

3. Latihan Pantat (Cat And Cow)

Latihan pada punggung bisa Anda mulai dari melakukan gerakan cat pose, kedua tangan dan kaki sama-sama menyentuh lantai. Gerakan ini membuat tulang belakang Anda mengalami pelenturan, sehingga dapat mengatasi bagian-bagian punggung yang sering terasa nyeri.

Nyeri pinggang akibat menstruasi yang biasanya dialami sehari-hari dapat diatasi dengan mudah dengan melakukan gerakan cat and cow. Manfaatnya yang beragam menjadikan gerakan ini sebagai gerakan yoga umum.

Selain memberikan pelatihan khusus terhadap punggung, gerakan cat and cow ini juga berfungsi untuk melatih kekuatan otot lengan. Manfaat lainnya yang bisa diperoleh adalah bagian perut yang semakin terkontrol, lantaran otot perut yang dikencangkan.

4. Berdiri (Mountain Pose)

Tanpa Anda sadari sedari kecil telah melakukan beberapa kesalahan. Seperti berjalan dengan membungkuk, posisi bahu tidak stabil dan berbagai kesalahan lainnya. Anda yang bermaksud mengubah kebiasaan itu bisa melakukan gerakan berdiri mountain pose.

Akan lebih baik bila ketika melakukan gerakan yoga, Anda juga menghadap pada kaca besar. Fungsinya kaca tersebut adalah untuk memperlihatkan bagaimana posisi Anda ketika berdiri. Sembari membenarkan posisi tubuh Anda juga bisa mengamati perubahan yang terjadi.

Gerakan yoga umum ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan tubuh dengan postur proporsional. Gerakan yang tergolong sangatlah ringan dan bisa dilakukan setiap hari baik untuk pemula maupun profesional.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari gerakan yoga umum beserta posisi yang tepat, semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Sehingga, Anda tidak bereksperimen secara sembarangan ketika melakukan gerakan yoga yang nantinya malah akan berbahaya.

LihatTutupKomentar