Cara Mengatasi Gangguan Pompa Sentrifugal


Cara Mengatasi Gangguan Pompa Sentrifugal
Pada umumnya dalam keadaan tidak bekerja (diam) akan kosong ruangannya dan pipa isap akan naik dan mengisi ruang pompa sampai penuh. Dalam keadan demikan pompa sentrifugal jenis ini tidak dapat mengisap. Oleh karena itu ditempuh  beberapa cara :

1.    Diatas pompa ditempatkan pompa vacuum,untuk mengisap udara dengan demikian air akan naik dan mengisi ruang pompa sampai penuh
2.  Dengan membuka katup tekan ,maka air akan turun dan mengisiruang pompa.Juga pengisian ini dapat dilakukan dengan mengalir-kan air dari suatu pipa yang mengalir.
3.     Untuk menjaga agar air tidak keluar dari pipa isap,diperlukan katup Penahan aliran balik pada ujung pipa pompa. Pembukaan katup tekamain deliveri valve untuk pengisian air mempunyai kerugiankarena pompa dapat bekerja  sebagai turbin.

Dengan  menempatkan reservoir untuk  mengisi pompa dan ini hanya bisa dipakai untuk pompa kecil. Bila  ruang  pompa  sudah terisi air, pompa dijalankan dan untuk sementara katup tekan ditutup untuk menaikkan tekanan. 

Daya yang dibutuhkan kira-kira 50% dan akan berubah menjadi panas agar air tidak terlalu lama, sekedar  mencapai tekanan yang cukup untuk mengalirkan air. Untuk pompa kecil ada jenis pompa yang mengisap sendiri.

Gangguan-gangguan dan cara mengatasinya.
Pada pompa sentrifugal gangguan –gangguan dapat berupa :
1. Pompa  tidak  mengalirkan  air  atau  hanya  mengalirkan  air  sedikit.
2.
Mula-mula aliran kecil dan tiba-tiba  menjadi besar.
3.
Aliran air tidak teratur,sesaat tidak teratur,sesaat kecil dan sesaat besar.

Sebab-sebab gangguan dapat berupa hal-hal berikut :
1. Pompa tidak mengalirkan air atau hanya mengalirkan air sedikit.
a. Pompa tidak mengisap .Hal ini terjadi karena ruang pompa tidak berisi air atau
tinggi isap terlalu besar.
b. Putaran motor terlalu kecil.

Tahanan ini dapat dilawan apabila putaran pompa dipertinggi.
Apabila penggerak pompa berupa motor bakar ,hal inidapat dicapai,tetapi bila motor listrik hal ini tidak akan dapat dicapai. Hal kedua ini terjadi karena air yang di pompa surut.

Jadi tinggi hisap naik udara dapat masuk kedalam pompa.Hal ini dapat diatasidengan mengurangi kapasitas atau dengan   mematikan pompa sambil menunggu air. Anda dapat menggunakan jasa pompa tambang di sewatama yang aman, terpercaya, berpengalaman dan memiliki tim yang handal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel