Header Ads

Keraton Cirebon, Tempat Wisata Cirebon Yang Wajib Dikunjungi


Keraton Cirebon, Tempat Wisata Cirebon Yang Wajib Dikunjungi

Keraton Cirebon menawarkan hal yang jauh berbeda dengan apa yang Anda miliki saat ini. Kehidupan yang modern dengan segala beban kebutuhan dan hingar-bingarnya tentu membuat Anda membutuhkan sesuatu yang baru dan menyegarkan. Jika belakangan ini, Anda mulai merasa jenuh, merasa sedang terbebani dengan semua tuntutan pekerjaan, maka inilah saat yang tepat untuk mengemasi beberapa pakaian dan rencanakan liburan ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Pasalnya, ada beberapa alasan mengapa Anda wajib mengunjungi tempat wisata di Cirebon yang sangat menarik di mata dunia.

Keraton Kasepuhan Cirebon membuat Anda akan merasa seperti time traveler, penjelajah waktu yang terlempar di era kolosal. Ketika mengelilingi keraton tersebut, bangunan keraton tradisional ini tentu akan membawa Anda pada lamunan di era klasik tempo dulu. Tak hanya itu, tetapi keraton ini juga tampak megah dan eksotis. Sejauh mata memandang, arsitekturnya begitu menawan dengan kompleks area yang mencapai 6 hektar, dilengkapi dengan pepohonan yang sejuk dan enak dilihat.
Berada di Jalan Kasepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat, Kasepuhan dipilih sebagai nama keraton tersebut karena bermakna “Orang-orang yang dihormati”. Bahkan sampai saat ini, Keraton Kasepuhan masih menjadi tempat tinggal bagi keluarga Kasultanan Cirebon.

Uniknya, Cirebon sangat populer dengan kesultanan Islam. Namun, dalam arsitektur keraton tersebut, Anda dapat melihat bukti nyata adanya sejumlah budaya yang melebur mulai dari Eropa, China, dan Hindu. Hal yang tak kalah membuat takjub para pengunjung adalah Keraton Kasepuhan Cirebon yang Anda lihat saat ini masih terawat, dengan bentuk bangunan yang masih sama dengan ratusan tahun yang lalu. Keraton ini dibuat dengan perkembangan pembangunan pada masa Kerajaan Majapahit, kala itu.

Memasuki Keraton, Anda dapat menemukan berbagai artefak tertata rapi, disimpan dalam Museum pusaka Keraton Kasepuhan. Bahkan, terdapat Kereta Kencana Singa Barong yang menjadi benda pusaka. Tak tanggung-tanggung, UNESCO telah menobatkan kereta kencana tersebut sebagai yang paling cantik di seluruh dunia. Tak hanya itu, menjelalah di Keraton ini membuat Anda akan semakin menemukan banyak hal seperti pendopo-pendopo kecil dengan model bangunan adat jawa, lembu nandu yang kental dengan budaya Hindu serta adanya meriam hadiah dari Thomas Standford Raffles.

Cara Menuju ke Keraton Kasepuhan Cirebon

Jika ingin menggunakan kereta api, Anda dapat memulai perjalanan dari Stasiun Cirebon. Namun, jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, Anda dapat menggunakan tol Cipali dengan jarak tempuh 116 km dari Cikopo, Purwakarta sampai ke Palimanan, Cirebon. Untuk Anda yang sudah berada di Stasiun Cirebon, terdapat jasa antar-jemput, termasuk transportasi online yang siap mengantar Anda ke Keraton Kasepuhan Cirebon.

Untuk membantu liburan Anda agar terasa nyaman, Anda bisa beristirahat di BATIQA Hotel Cirebon. Hotel ini terletak di Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo No.99, Sunyaragi, Cirebon. Semua kebutuhan yang Anda perlukan dapat ditemukan dengan mudah di area hotel tersebut. Hal ini dikarenakan letak hotel yang sangat strategis dengan fasilitas yang cukup lengkap. Hotel sangat Anda perlukan karena perjalanan dari Jakarta menuju ke Cirebon membutuhkan waktu sampai 4 jam, baik dengan menggunakan kereta api ataupun kendaraan roda empat.

Nah, jika Anda memiliki kesempatan untuk mampir di Cirebon, jangan lupa meluangkan waktu yang Anda miliki untuk sejenak melihat-lihat, mempelajari sejarah, dan mengagumi bagaimana peninggalan Nusantara begitu kaya di mata dunia. Sudah sepatutnya masyarakat lokal ikut bangga, dengan menjaga dan mengunjungi bagaimana peradaban dan perkembangan budaya di masa silam. Semoga bermanfaat dan selamat liburan!

Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.