air airy airyrooms aksesoris alami aman anak-anak apple asuransi asuransi jiwa bajuolahraga bali baumulut bayi belajar berita bisnis blog Bucket bucket bunga buka puasa bumi Bunga Cantik cara cara memulai usaha cepat cianjur cirebon contoh contohmusikjazz cuci dealer demo depresi diet difteri domain dosen dunia durian email family Fashion fashionpria favorit Februari food freelance furinitur Gadget Game gantungdiri gaya hidup gejala gejayan generasimaju google google pixel 4 google pixel 4 XL goreng habitat handphone hardware helm hewan hidup hidupsehat honda hosting hujan hunian hutan iklim indonesia info Info unik informasi instan interior internet ipad iphone ipode jakarta janin jaringan jazz jeruk nipis jogja Kecantikan kehamilan kendaraan keraton kerja Kesehatan knalpot kue lagu laptop layanan liburan life loadbalancing lubang mahasiswa makanan makassar medan mencuci mengatasi mie mie goreng mieinstan minuman mobil motor mudah musik musikjazz musisi niagahoster olahraga oleh oleh otomotif paket wisata jogja pancake pantai pekerjaan Pendidikan penyakit penyanyi Perempuan persiapkan perut polisi polisi dibakar ponsel pria Properti puasa ramadan ramadhan rekening rumah. mewah Scrift unik sehat sepatu sertifikasi server sixpacks smartphone Software sony vaio sosmed sparepart subtropis sumatra utara Surabaya tab tabungan takjil tas taspria teknologi tempat tepat terkini tinggal tips tkj toko bunga toyota travel Traveling trik tropis tumbuhan Tutorial twitter Umum Unik usaha Valentine vira Wanita web website wisata yahoo yamaha yamaha lexi yogyakarta

Mesin Penerjemah Google Semakin Mirip Manusia

Mesin Penerjemah Google Semakin Mirip Manusia

RASAKAN.com - Google baru memperbarui layanan penerjemah miliknya dengan mesin baru yang lebih akurat, bahkan menghasilkan terjemahan yang mendekati hasil kerja manusia.

Pembaruan ini menggunakan mesin yang disebut sebagai Google Neural Machine Translation (GMNT), untuk menggantikan mesin lamanya yang memakai Phrase-Based Machine Translation (PBMT).

Kedua mesin ini sama-sama belajar dan berkembang dengan cara menghafal dokumen yang telah diterjemahkan ke bahasa lain. Namun di baliknya terdapat sebuah mekanisme penerjemahan yang berbeda.

Mesin lama, yaitu PBMT, dirancang menerjemahkan sebuah teks berdasarkan resep yang sudah ada. Teknologi ini memiliki komponen yang diciptakan untuk mempelajari hal tertentu, misalnya soal cara menyusun kata-kata dalam berbagai bahasa.

Sementara itu GMNT, yaitu mesin yang baru, tidak terpatok pada resep tertentu dan bekerja menyusun bahasa berdasarkan caranya sendiri. Mesin ini bisa membaca dan menciptakan teks tanpa harus terikat pada konsep penyusunan kata.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari blog resmi Google, Kamis (29/9/2016), saat ini, raksasa mesin pencari itu telah merilis mesin barunya untuk proses penerjemahan dari bahasa China-Inggris.

“Kami mengumumkan peluncuran GMNT untuk menerjemahkan bahasa yang cukup sulit, yaitu dari bahasa China ke Inggris,” tulis ilmuwan dari Google Brain Team, Quoc V. Lee dan Mike Schuster.

Selain pengumuman mengenai perilisan GMNT, Google juga menyertakan makalah ilmiah yang berisi contoh-contoh hasil terjemahan mesin barunya itu.

Isinya berupa terjemahan dari bahasa Ingris ke Spanyol, Perancis dan China, serta sebaliknya, dari masing-masing bahasa tersebut ke bahasa Inggris.

Selanjutnya, Google meminta orang yang fasih bicara di dua bahasa itu untuk membandingkan hasil kerja mesin barunya dengan hasil kerja manusia. Kalimat yang digunakan untuk contoh terjemahan itu diambil secara acak dari Wikipedia atau artikel berita.

Dalam skala 0 sampai 6, mesin GMNT meraih nilai rata-rata 5.43, atau hanya selisih sedikit dengan nilai penerjemahan oleh manusia yang mencapai 5.55.

Google juga mengatakan bahwa hasil pengujian mereka menemukan bahwa mesin baru ini diyakini 64 sampai 87 persen lebih tepat dibanding mesin sebelumnya.

Klik tautan ini untuk melihat contoh dan perbandingan mesin penerjemah Google yang lama dan baru.
Label: ,

Post a Comment

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.

[blogger][facebook]

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.