Mitos Mempercepat Kinerja Komputer

Selamat datang pengunjung setia blog ini.
Selain saya pribadi, mungkin Anda merasa komputer Anda mulai melambat bila di bandingkan dengan saat pertama kali di beli dan anda mulai kesal. Apakah Anda tahu mengapa komputer Anda melambat ? Banyak dari kita yang salah paham mengenai lambannya PC, jadi mari kita lihat bagaimana cara mempercepat kinerja komputer yang benar.
Ada mitos tentang komputer lamban yang belum terbukti hingga saat ini: kebanyakan file membuat komputer Anda semakin lamban, Anda perlu membeli RAM sebanyak mungkin, virus menjadi penyebabnya. Kenyataannya, pernyataan ini tidak benar. Walau begitu, pernyataan ini masih memiliki kebenaran tetapi tidak sepenuhnya. Saya sempat meragukan nya tetapi setelah dipikir-pikir memang inilah faktanya

mitos tentang mempercepat komputer

Mitos Umum

Yang akan saya jabarkan ini adalah beberapa mitos yang mungkin masih ada hingga saat ini. Walau kalian sempat meyakini mitos ini dan mungkin sudah mengeluarkan uang untuk membenahinya, jangan berkecil hati. Ini memang keyakinan umum dari para pengguna komputer atau bahkan propaganda yang diciptakan produsen untuk tujuan komersial. Saya pun sempat percaya beberapa mitos dibawah ini. Berikut beberapa mitos tentang lambatnya PC :

Mitos 1: Malware membuat komputer lambat

Mungkin benar beberapa virus membuat komputer berjalan lambat, namun kenyataannya itu jarang terjadi. Virus masuk ke komputer kita dengan mengendap-endap, sebisa mungkin tidak diketahui penggunanya. Virus yang hebat masuk ke komputer dan Anda tidak menyadari itu. Kalau komputer Anda melambat karena virus, berarti virus tersebut ciptaan amatir.
Jika virus berhasil masuk ke sistem Anda yang perlu dilihat adalah anti-virusnya. Anti-virus juga akan kurang berguna bila Anda tidak melakukan pembersihan secara berkala. Anda mungkin memiliki program anti-virus kepercayaan, tetapi ingatlah Anda cukup memasang satu anti-virus saja. Dua atau lebih anti-virus bisa membuat program tersebut bentrok dan bekerja tidak maksimal.

Mitos 2: Menghapus data dari hard disk adalah salah satu cara mempercepat kinerja komputer

Cara mempercepat kinerja komputer Ini cukup banyak dipercayai orang-orang. Seberapa besar pun file yang Anda hapus tidak akan berpengaruh besar untuk cara mempercepat kinerja komputer Anda.
Mungkin mitos cara mempercepat kinerja komputer ini datang dari warning Windows yang muncul ketika hard disk Anda hampir penuh, warning tersebut mengatakan komputer Anda secara dramatis akan menurun kecepatannya karena space di hard disk tinggal sedikit.
Warning tersebut tidak salah. Mengapa melambat? Itu karena beberapa program yang ada di komputer Anda membutuhkan space kosong karena ketika mereka berjalan membutuhkan space di hard entah itu untuk menyimpan file atau keperluan lainnya.
Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menghapus beberapa file atau membuat drive baru atau menyimpannya ke hard disk eksternal. Jadi, semakin kecil data yang ada di drive Anda bukan cara mempercepat kinerja komputer yang benar.

Kesalahpahaman 3: Mengganti dan mengupgrade hardware dijamin mempercepat kinerja

Mengganti hard disk dengan yang baru mungkin salah satu cara mempercepat kinerja komputer yang benar, tetapi tidak sepenuhnya benar. Yang perlu diperhatikan di sini adalah kecepatan hard disk Anda dan yang Anda beli. Satuan hard disk ini adalah RPM, semakin tinggi RPM hard disk Anda makan semakin cepat pula kinerja komputer. Jadi bila Anda beli hard disk yang RPM-nya lebih kecil malah akan membuat komputer Anda lebih lambat. Atau agar lebih pasti dan jauh berbeda kecepatannya, Anda bisa gunaka SSD (Solide State Drive). Sayangnya SSD tidak murah.
RAM sering dianggap sebagai komponen yang akan memberikan kecepatan yang real. Tetapi, semakin banyak RAM komputer Anda bukan berarti menjadi cara mempercepat kinerja komputer yang benar. Windows versi 32-bit hanya mampu memproses RAM 4GB. Jadi, bila Anda memasang RAM lebih dari 4GB  di Windows 32-bit itu sama sekali tidak akan membantu, proses yang bekerja tetap saja 4GB. Microsoft menyediakan daftar batas memori untuk semua versi Windows.

Mitos 4: Membersihkan registry cara mempercepat kinerja komputer

Ini mungkin menjadi mitos yang paling banyak diyakini orang-orang. Bila Anda browsing di internet maka Anda akan menemukan software pembersih registry yang menjanjikan mempercepat komputer Anda. Ini sama sekali bohong.
Registry merupakan sistem Windows yang digunakan untuk menyimpan pengaturan. Registry Anda mungkin memiliki file yang sudah usang dari software lama dan sudah di uninstall. Mereka hanya menggunakan data kecil sekali dan tidak berpengaruh pada kecepatan komputer Anda. Bila Anda menghapus registry usang tersebut, Anda tidak akan menemukan perubahan di komputer Anda.

Mitos 5: Menginstal OS baru adalah cara mempercepat kinerja komputer secara signifikan

Menginstal ulang berarti membersihkan semua instalasi sebelumnya dan membawa komputer Anda lebih fresh. Tetapi itu tidak sepenuhnya benar, kecuali Anda tidak memasang program-program lainnya. Itu pun tetap saja, komputer Anda akan tetap melambat nantinya. Belum lagi Anda harus menginstal software-software lagi dan software Anda yang sebelumnya sebenarnya tidak benar-benar terhapus di hard disk.
Sekarang proses instalasi ini semakin dipermudah di Windows 8. Anda tinggal menekan tombol recovery dan semua kembali seperti Anda awal ketika Anda pertama kali menginstal. Semakin sering Anda menginstal ulang maka akan semakin besar kemungkinan komputer Anda melambat.

Berpikirlah kembali apakah mitos itu benar atau tidak, semua tergantung pribadi masing-masing. Terkadang ada sebagian orang yang merasa kurang dalam artian meskipun komputernya sudah memiliki spec yang hebat tetap merasa lambat. Dan sebagian lagi puas dengan kinerja komputernya yang ada sekarang. Banyak faktor X yang membuat orang malas untuk mengoprek komputernya untuk lebih cepat seperti karna masih awam atau malah malas untuk menghadapi resiko yang akan terjadi. Semua tergantung dari diri kita masing-masing. Untuk antisipasi masalah yang akan dihadapi, silahkan anda baca juga postingan saya Penyebab kerusakan PC

Semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel