Header Ads

Kabut Asap Melanda Kota Banjarmasin

Selamat Pagi.
Untuk kalian yang kebetulan berdomisili di Banjarmasin dan juga teman-teman saya sesama Urang Banua. Hati-hati ketika bepergian. Disamping masalah berkendara, akhir-akhir ini Kota Bungas kita sedang dilanda Kabut Asap yang menyelimuti hampir sebagian wilayah Banjarmasin-Banjarbaru. Seperti tadi malam waktu saya pulang sekitar jam 22.00 WITA. Kabut yang lumayan tebal menyelimuti sepanjang perjalanan pulang saya, sampai-sampai mata saya terasa perih. 
Hati-hati yang saya maksud di atas adalah terhadap bahaya yang mengancam dibalik kabut asap itu karena menurut Info di berbagai sumber menyebutkan warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mulai dilanda Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat udara berdebu dan kabut asap.
Kabut Asap Melanda Kota Banjarmasin
Kabut Asap Melanda Kota Banjarmasin
Suasana kabut asap di malam hari yang melanda Banjarmasin
Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Diah R Praswasti, mengakui bahwa banyak warganya yang datang ke puskesmas karena keluhan sakit bernapas hingga jumlahnya di atas lima ribu orang per bulan. Diah mengatakan sebanyak 26 puskesmas di Banjarmasin telah melayani banyak pasien dengan kasus ISPA, ini terjadi dari Januari hingga Juli yang menunjukkan kasus sangat tinggi. Diah menyebutkan, dari Januari kasus ISPA sebanyak 6.415 kasus, Februari 10.616 kasus, Maret 7.739 kasus, April 7.530 kasus, Mei 8.381 kasus, Juni 6.777, dan Juli 5.884 kasus.
"Sedangkan Agustus dan September masih di data, kemungkinan lebih tinggi dari bulan sebelumnya, sebab kabut asap akibat kebakaran hutan sudah mulai melanda daerah ini," ungkap Diah
Kabut Asap Melanda Kota Banjarmasin
Suasana Sekitar Daerah Bandara Syamsuddin Noor
Menurut dia, meski sudah terjadi banyak kasus ISPA yang melanda warga daerah ini dalam beberapa bulan, tetapi target atau perkiraan kasus ISPA per bulan nya kurang lebih 40 ribu (40 persen sampai dengan 60 persen dari kunjungan pasien di puskesmas). Jadi, angka kejadian kasus ISPA saat ini masih jauh di bawah perkiraan angka kejadian kasus per bulannya.
Kabut Asap Melanda Kota Banjarmasin
Kabut asap  di daerah Welcome Gate Banjarmasin "Bungas"
Ditegaskan Diah, upaya yang sudah dilaksanakan Dinas kesehatan bersama 26 Puskesmas, yaitu, melaksanakan kegiatan promotif, preventif, meningkatkan deteksi dini kasus ISPA di puskesmas.
Selanjutnya, ucap Diah, melaksanakan pertemuan kemitraan P2ISPA yang dilaksanakan di 26 puskesmas dengan mengundang lintas sektor terkait seperti pengelola PAUD, guru TK, orang tua bayi atau balita, kader dan tokoh masyarakat.
Diharapkan, melalui media massa juga dapat mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membawa anak-anak keluar rumah khususnya pada saat kabut asap dan apabila terpaksa keluar rumah, sebaiknya menggunakan masker atau penutup mulut. Seperti foto saya dibawah ini :p
Kabut Asap Melanda Kota Banjarmasin
Tetap terlihat ganteng walau pakai masker hahaha
Diketahui, penyakit ISPA terjadi akibat infeksi yang parah pada bagian sinus, tenggorokan, saluran udara, atau paru-paru. Kondisi ini menyebabkan fungsi pernapasan menjadi terganggu. Jika tidak segera ditangani, ISPA dapat menyebar ke seluruh sistem pernapasan tubuh, bahaya lo.
Nah kalau sudah tau infonya, semua kembali kepada diri kita masing-masing. Siapkan masker dan nyalakan lampu sepeda motor untuk menghindari tabrakan akibat jarak pandang yang berkurang.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.