Header Ads

Harddisk 10 Terabyte Seagate Diisi Gas Helium

Harddisk 10 Terabyte Seagate Diisi Gas Helium

Rasakan.com - Seagate meluncurkan harddisk terbaru dengan kapasitas 10 terabyte (10.000 gigabyte). Selain kapasitas yang super lega, kelunggulannya terletak pada penggunaan gas helium yang dimasukkan ke dalam unit harddisk.

Gas tersebut sebenarnya sudah biasa dimasukkan ke dalam harddisk karena memiliki manfaat positif. Namun bagi Seagate, ini adalah produk sekaligus pengalaman perdana mereka.

Pesaingnya, yaitu Western Digital justru sudah lebih dulu menggunakan helium dalam harddisk. Tepatnya sejak tiga tahun lalu. Sedangkan, Seagate selama ini mengandalkan teknologi shingled magnetic recording (SMR).

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Geek, Senin (18/1/2016), manfaat positif helium adalah mengurangi turbulensi atau gesekan pada elemen perekaman data dalam harddisk.

Fungsi lainnya adalah membuat suhu memori penyimpanan tetap rendah, tidak seperti harddisk berisi udara biasa yang cenderung lebih cepat panas. Helium juga bisa menurunkan konsumsi listrik untuk setiap terabyte.

Namun perlu dicatat bahwa, penghematan daya baru akan terasa jika Anda menggunakan harddisk tersebut dalam skala besar, misalnya dalam lusinan rak server. Pengguna yang memakai satu harddisk tidak akan merasa banyak perbedaan.

Raksasa media penyimpanan tersebut mengatakan saat ini harddisk buatannya telah digunakan oleh Alibaba dan Huawei untuk menyimpan bergunung-gunung data milik mereka.

Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.