Header Ads

Manfaat Positif Teknologi Untuk Orang Tua dan Anak

Pernahkah anda sebagai orang tua berpikir ketika buah hati anda menggunakan gadget atau laptop tanpa sepengetahuan anda. Apa yang mereka lakukan?. Beberapa orang tua sering merasa khawatir jika melihat anak-anak mereka senang menghabiskan waktu di depan layar komputer atau laptop.
Sebenarnya anak mengenal teknologi merupakan hal positif, asalkan anak tidak lupa waktu, menghabiskan waktu online dengan wajar, dan mendapatkan bimbingan dari orang tua. Teknologi menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi anak-anak. Mengapa bermanfaat? Berikut ulasan manfaat positif teknologi untuk orang tua dan Anak (dikutip dari liputan6.com):
Jam tangan Bipbip Family's Guardian yang disebut-sebut mampu memonitor posisi anak
1. Terjadi Interaksi
Terjalin interaksi dan komunikasi ketika orang tua mengenalkan dan membimbing anak tentang tata cara penggunaan gadget. Contohnya dengan memperkenalkan game yang ada edukasinya otomatis anak akan mengeluarkan pertanyaan-pertanyaan yang anak lihat dalam game tersebut, kemudian Anda berikan penjelasan yang baik melalui gadget tersebut.

2. Lebih Dekat dan Perhatian
Saat anak mulai main gadget dan senang bermain game, baiknya Anda temani dan ajak menonton video bersama pada gadget tersebut. Dengan begitu Anda bisa menonton bersama anak melalui media gadget tersebut seraya memberikan arah atau edukasi dari film atau video yang sedang Anda dan Anak lihat bersama dari gagdet itu.

3. Anak Jadi Lebih Tangkas
Banyak yang bilang anak bisa bodoh atau malas belajar jika bermain gadget atau video game. Tepis pernyataan tadi dengan kembali lagi mengarahkan game-game yang menguji daya pikirnya. Ajak anak bermain game-game yang dapat mengasah kemampuan si anak jadi berpikir, sehingga gadget dapat membuatnya menjadi anak yang cerdas dan tangkas.

4. Memantau Keberadaan Anak
Kini, hadir teknologi yang dapat memantau keberadaan anak. Mengandalkan jam tangan Bipbip Family's Guardian Pin, tidak hanya berfungsi sebagai petunjuk waktu tetapi juga dapat mengetahui lokasi anak ketika dia dalam bahaya atau membutuhkan pertolongan.
Jam tangan ini sudah dapat orang tua perkenalkan dan diberikan untuk anak usia 3 tahun ke atas. Jam tangan Bipbip Family's Guardian Pink ini dilengkapi dengan fitur tracker, steps counter, dan telepon. Jadi, Anda sebagai orang tua sibuk bekerja bisa sedikit lebih tenang ketika anak tidak ada di dekat Anda atau sedang bersama orang lain.

Bagi anda orang tua yang ingin anak anda menggunakan teknologi agar bermanfaat secara positif bagi masa depan mereka, haruslah turut memberi contoh dan praktek bagaimana memanfaatkan teknologi yang dirasakan berguna dan sesuai dengan manfaat positifnya. Selalu awasi anak anda agar masa depan bangsa ini lebih cerah dan mempunyai bibit-bibit penerus yang tidak gagap teknologi dan tidak kalah dengan orang tua mereka. Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Kalau untuk anak2 mungkin lebih mudah diarahkan. Tp yang remaja sangat susah karena mereka telah mempunyai dunia sendiri sehingga susah untuk diawasi. Jalan satu2nya paling sebagai orang tua tidak hanua sebagai orang tua tetapi menjadi sahabat bagi mereka.

    Tp artikel ini sangat bagus menurut saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali gan itulah tameng terakhir hehe

      Hapus

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.