Header Ads

Server Facebook Down, Twitter Beraksi

Helo kawan-kawan. Sadar ataupun tidak sadar, coba kalian perhatikan ketika kalian membuka akun FB kalian. Dalam sepekan, Facebook sudah dua kali tak bisa diakses (down). Pertama selama 10 menit pada Jumat dinihari lalu.
Dini hari ini, Selasa, Facebook kembali tak bisa diakses dalam waktu yang lebih lama, yakni selama 40 menit.
down fb
Tampilan yang keluar ketika akses FB

“Maaf, ada suatu kesalahan. Kami sedang memperbaikinya dan akan selesai secepat mungkin,” begitu kalimat template yang kembali tertera pada layar laman Facebook.
Dua kali gangguan dalam jangka waktu berdekatan berdampak signifikan pada Facebook. Dilansir KompasTekno dari BBC, nilai saham jejaring sosial tersebut turun empat persen menjadi 89,25 dollar AS (Rp 1,3 juta) per lembar.
Seperti yang dikutip dari kompas.com, Menurut teknisi perusahaan, Facebook mengalami gangguan pada Graph API. Secara sederhana, “Graph” adalah istilah yang digunakan Facebook untuk menggambarkan inti dari sistem Facebook.
Status, foto, dan unggahan lainnya, yang terkoneksi dengan semua orang, grup dan Pages diproses lewat Graph. Terkadang, gangguan Graph Facebook juga bisa berpengaruh pada perusahaan lain yang terhubung dengan data Facebook.
Perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg ini menaungi arus komunikasi hampir 1,5 juta netizen di seluruh dunia. Namun, dengan gangguan bertubi-tubi ini, jumlah pengguna Facebook bisa jadi menurun.
“Twitter siap menampung 30.000 pengungsi Facebook,” kata akun @Aly di Twitter. Kicauan tersebut di-retweet (RT) 533 kali dan dibintangi (favorite) 651 kali.
“Saya prihatin dengan #facebookdown. Seseorang menantang saya untuk berhenti main Facebook dan saya melakukannya,” kata akun @DaveLieber.
Bahkan, kepolisian Kingston di London menuliskan kicauan bernada guyonan untuk menyindir sang raksasa jejaring sosial.
“Ya, kami bisa membenarkan Facebook down. Tolong jangan hubungi kami! Ini kesempatan yang baik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga #Facebookdown,” akun @MPSKingston menuliskan.
Masih banyak kicauan-kicauan bernada sarkas yang ditujukan pada Facebook menyusul kali keduanya tak bisa diakses dalam beberapa saat, pada pekan ini. Sebelumnya, pada Jumat  lalu, Facebook juga sempat down beberapa saat.
Namun, gangguan tersebut cepat diperbaiki sehingga netizen tak terlalu merasakan dampak masalah yang dialami sistem Facebook. Jika digabungkan, maka Facebook mencatat sejarah tiga kali down selama sebulan.
Facebook berjanji akan segera memperbaiki secara tuntas masalah pada Graph API. Semoga tak ada lagi gangguan keempat dalam bulan ini dan semoga tulisan ini bisa menjawab kebingungan kalian ketika akses akun FB serta semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.